Beberapa Tips Usaha Tanaman Hias, Selain Hobi Bisa Jadi Untung

Beberapa Tips Usaha Tanaman Hias, Selain Hobi Bisa Jadi Untung

Bisnis tanaman hias juga dapat menguntungkan selain hobi. Foto: ist--

OKINEWS.CO - Hobi merawat tanaman hias ternyata juga bisa mendatangkan untung. Hal ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Selain menyenangkan hati, merawat tanaman hias mendatangkan cuan yang tidak sedikit. 

Berikut beberapa tips dari hobi menjadi bisnis tanaman hias yang bisa mendatangkan untung:

1. Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Sebelum memulai bisnis tanaman hias, sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tanaman hias yang akan dibudidayakan. Informasi yang dibutuhkan antara lain jenis tanaman hias, cara membudidayakannya, harga di pasaran dan sebagainya. Untuk pemula, sebaiknya memilih tanaman hias yang lebih mudah untuk dibudidayakan, seperti jenis daun atau bunga.

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Hias Yang Dapat Diletakkan di Kamar Mandi

BACA JUGA:Membuat Tanaman Subur Dengan 5 Bahan Alami Ini

2. Cara Perawatannya

Tanaman hias memiliki jenis dan karakter yang berbeda satu sama lain, sehingga cara perawatannya pun berbeda pula. Sebagian tanaman hias ada yang butuh air dan sinar matahari  yang banyak untuk perkembangannya. Namun sebagian juga ada yang tidak terlalu banyak butuh air dan sinar matahari. Sehingga apabila berlebihan bisa membuat tanaman hias mati. Maka dari itu perlu mempelajari karakteristik serta cara perawatan yang benar agar tanaman hias tumbuh subur dan proses budidaya menjadi maksimal.

3. Lokasi Budidaya

Poin yang tak  kalah penting yakni lokasi pembudidayaan tanaman hias. Hal ini perlu diperhatikan karena suhu udara menentukan kesuburan tanaman. Sebagian besar tanaman hias tidak menyukai suhu yang terlalu panas karena dapat berakibat pertumbuhan daunnya yang tidak maksimal. Selain itu tanaman hias yang sudah ditempatkan di pot tidak diperlukan lagi lahan yang luas. Namun bila ditempatkan di tanah, maka perlu lahan yang lebih luas agar perkembangannya bagus.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Minim Air Selain Kaktus

4. Trend Pasaran Saat Ini

Tips berikutnya yakni trend tanaman hias yang lagi booming saat ini. Hal ini perlu diketahui untuk menjaring konsumen berburu tanaman hias yang diinginkan. Banyak pecinta tanaman hias, terutama ibu-ibu dan remaja putri yang rela mencari tanaman hias hingga ke pelosok kota demi memenuhi hobinya.

5. Sistem Pemasaran

Tanaman hias  selain dipasarkan secara offline juga dipasarkan secara online. Penjual dapat memanfaatkan  market place dan media sosial untuk memasarkan produk tanaman hiasnya. Dengan bantuan tekhnologi, pemasaran tanaman hias bisa lebih lancar.

Itulah beberapa tips meraup untung dari hobi memelihara tanaman hias. Tak ada salahnya untuk dicoba bukan....

 

 

 

 

Sumber: