Yuk Kenali Tanaman Hias Yang Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah

Yuk  Kenali  Tanaman Hias Yang Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah

Daun mint, salahsatu tanaman hias yang tidak disukai nyamuk, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Bulan Oktober memasuki musim penghujan setelah kemarau panjang melanda. Banyaknya genangan air bisa menjadi sarang nyamuk. Nyamuk menjadi salah satu hama yang sebaiknya segera diusir dari rumah. Karena selain menyebabkan gatal, nyamuk juga bisa mendatangkan penyakit bagi manusia. Hal ini berbahaya bagi kesehatan. 

Sebenarnya,  bisa saja mengusir nyamuk dengan obat nyamuk yang mengandung bahan kimia atau lotion anti nyamuk. Namun hal ini bisa berbahaya bila digunakan setiap hari, terlebih bila  memiliki anak kecil  dan juga hewan peliharaan.

Ada cara lain yang bisa dicoba yakni mengusir nyamuk dengan cara yang alamiah yakni menanam tanaman hias dalam rumah maupun di sekitar hunian. 

Percaya atau tidak, ada banyak tanaman yang bisa ditanam tepat di kebun yang mencegah nyamuk menyerang. Banyak dari tanaman itu mengeluarkan bau atau mengandung minyak yang tidak disukai nyamuk.

BACA JUGA:Selain Indah, Berikut 5 Rekomendasi Tanaman Hias Yang Wangi Semerbak

BACA JUGA:4 Tips Meletakkan Tanaman Hias di Kamar Agar Tidur Nyaman

Bagi yang ingin mencoba mengusir nyamuk dengan tanaman, berikut beberapa tanaman hias yang efektif mengusir nyamuk dirangkum dari berbagai sumber :

1. Mint

Daun mint tidak hanya bisa dikonsumsi bersama teh atau coctail, namun juga bisa mengusir nyamuk. Bahkan daun mint juga efektif mengusir semut dan lalat.  

Kamu dapat menggunakan mint dalam diffuser, membuat semprotan mint. Juga bisa menanam beberapa tanaman mint segar di sekitar area tempat duduk dimana anggota keluarga sering menikmati udara segar di teras rumah.

2. Lavender

Seperti yang diketahui, nyamuk tidak suka dengan aroma yang wangi. Kamu bisa mengusir nyamuk dengan menebarkan wangi yang berasal dari minyak atsiri pada daun tanaman Lavender.

BACA JUGA:Simak 5 Rekomendasi Tanaman Hias Yang Cocok Ditanam Saat Musim Penghujan

BACA JUGA:Tahukah Kamu, Berikut 4 Tanaman Hias Yang Tidak Tahan Udara Lembab

Tanaman ini sangat kuat dan tahan lama hanya saja dibutuhkan sinar matahari dan drainase yang baik. Selain itu, tanaman ini juga bisa bertahan di banyak iklim dan tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

Lavender sangat tahan terhadap kekeringan dan dapat tumbuh dengan baik di lokasi dengan sinar matahari penuh dan drainase yang cukup. Tanam lavender di depan rumah, atau di ambang jendela agar nyamuk enggan masuk ke rumah.

3. Kemangi

Tanaman kemangi rupanya tak hanya lezat dipakai sebagai lalapan atau campuran makanan, tapi juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk dan lalat.

Kemangi bisa ditanam di pot atau disemai langsung ke kebun. Ada beberapa jenis kemangi yang bisa kamu tanam, termasuk basil manis dan basil Genovese, yang sama-sama bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Perlu diingat bahwa kemangi bisa tumbuh subur di tempat yang lembab dan banyak sinar matahari, dan memiliki sistem drainase yang baik.

4. Serai

Tanaman serai atau Citronella adalah tanaman pengusir nyamuk terbaik nomor satu. Tanaman yang kental dengan bumbu masakan ini dikenal karena baunya yang berbeda.

Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan alami dalam semprotan pengusir nyamuk komersial, lilin, dan produk lainnya. Serai memiliki aroma khas yang segar dan menyenangkan bagi manusia, namun tak disukai oleh nyamuk.

Bentuknya yang seperti rumput, namun besar, bisa sekaligus menjadi hiasan di kebun berdampingan dengan tanaman yang lain. Kamu juga bisa memanen serai untuk kemudian diletakkan di dalam ruangan dengan secangkir air atau air dalam vas, agar nyamuk semakin ogah masuk ke dalam rumah.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman yang bisa membantu mengusir nyamuk di rumah. Semoga bisa bermanfaat (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: