Tahukah Kamu, Berikut 4 Tanaman Hias Yang Tidak Tahan Udara Lembab

Tahukah Kamu, Berikut 4 Tanaman Hias Yang Tidak Tahan Udara Lembab

Tanaman Giok, tanaman hias dengan kelembaban rendah, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Sebagai pecinta tanaman hias, sebelum mulai menanam sebaiknya mengenali dulu jenis-jenis tanaman tersebut. Sebagian besar tanaman hias yang ditempatkan dalam ruangan biasanya menyukai tingkat kelembaban sedang. Begitu juga tanaman hias yang ditempatkan diluar biasanya menyukai tingkat kelembaban yang sangat rendah. 

Apabila jenis tanaman hias tersebut menyukai kelembaban rendah, sebaiknya hindari meletakkannya di dalam ruangan. Kelembaban yang tinggi dapat menjadi masalah bagi tanaman hias. Hal ini berakibat tidak suburnya tanaman hias tersebut dan tidak tumbuh seperti yang diharapkan.

Tanaman hias jenis kering dapat mentoleransi tingkat kelembaban hingga 30 persen. Apabila lebih dari itu maka akan menghambat kesuburan tanaman hias. 

Berikut 4 tanaman hias yang tidak tahan akan udara lembab dirangkum dari berbagai sumber :

BACA JUGA:Mudah Dirawat, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Aglonema Penghias Rumah

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Hias Indoor Yang Tinggi , Bikin Ruangan Cantik dan Sejuk

1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sangat tahan terhadap kekeringan. Tanaman ini membutuhkan air yang sedikit. Apabila berlebihan, maka akar tanaman akan membusuk dan menyebabkan tanaman mati. 

Tanaman lidah buaya menyukai sinar matahari langsung agar dapat tumbuh subur. Kesuburannya dapat dilihat dari pertumbuhannya yang membesar dan cabangnya bertambah banyak.

2. Kaktus

Tanaman kaktus dikenal juga dengan tanaman gurun pasir yang dikaitkan dengan kegersangan. Dengan cuaca yang panas dan tingkat kelembaban rendah, kaktus dapat tumbuh subur secara alami.

Jika terlalu banyak memberi air, akar kaktus akan terendam dan lama-kelamaan membusuk. Selain itu dapat menyebabkan pertumbuhan jamur pada akar tanaman. 

BACA JUGA:Begini Cara Tanam Bunga Mawar di Perkarangan Agar Tumbuh Subur dan Cantik

BACA JUGA:Tahan Panas, Berikut Tanaman Hias Yang Cocok Diletakkan Dekat Jendela

3. Tanaman Giok

Tanaman giok dikenal karena dapat menyimpan air dengan baik. Karenanya penyiraman yang berlebihan, apalagi sampai becek sangat tidak dianjurkan. Hal ini dapat mengakibatkan pertumbuhan jamur pada daunnya yang tebal yang dapat menghambat kesuburan. 

Dianjurkan untuk menanam tanaman giok pada pot dengan lobang pembuangan yang baik agar air tidak menggenang di dasar tanag. Selain itu sebaiknya meletakkannya di jendela dengan sinar matahari langsung agar tumbuh subur. 

4. Lili Paris

Seperti tanaman giok, tanaman hias lili paris menyukai tingkat kelembaban rendah karena sesuai dari asal tanaman ini yakni Afrika Selatan. Kelembaban tinggi menyebabkan pembusukan pada akar dan pertumbuhan jamur pada daun. 

Hindari penyiraman yang berlebihan agar tanaman tidak terendam. Selain itu pastikan menggunakan media tanam yang tepat agar penyerapan air terlaksana dengan baik (*)

 

 

Sumber: