Selain Indah, Berikut 5 Rekomendasi Tanaman Hias Yang Wangi Semerbak

Selain Indah, Berikut 5 Rekomendasi Tanaman Hias Yang Wangi Semerbak

Sedap Malam, tanaman hias yang mempunyai aroma wangi, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Berbagai manfaat bisa kita dapatkan dari memelihara tanaman hias bunga di rumah halaman rumah. Salah satu contohnya yaitu dapat mengurangi polusi udara dengan menyerap karbondioksida dan racun, mengusir nyamuk, serta mempercantik tampilan rumah.

Kehadiran tanaman tak cuma sebagai hiasan atau membuat udara lebih segar. Lebih dari itu, tanaman hias juga bisa membuat rumah terasa wangi semerbak dengan aromanya yang memikat. Aroma yang wangi jelas bisa bikin siapa saja merasa betah di rumah. Aroma wangi bisa menimbulkan rasa nyaman dan menenangkan.

Tanaman hias yang berbunga tidak hanya indah untuk dilihat memiliki aroma yang khas, sehingga dapat menciptakan suasana yang menyegarkan disekitarnya. Selain itu, dengan aroma khas yang wangi, manis dan segar bisa menjadi sumber kebahagiaan dan relaksasi bagi pemiliknya.

Hal ini membuat banyak orang yang menaruh berbagai jenis tanaman hias berbunga di halaman rumah untuk memberikan aroma yang wangi semerbak secara alami.

BACA JUGA:4 Tips Meletakkan Tanaman Hias di Kamar Agar Tidur Nyaman

BACA JUGA:Simak 5 Rekomendasi Tanaman Hias Yang Cocok Ditanam Saat Musim Penghujan

Jika tertarik untuk memelihara tanaman hias di rumah, inilah 5 rekomendasi tanaman berbunga dengan aroma wangi dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Melati

Bukan rahasia lagi, melati jadi salah satu tanaman populer yang mengeluarkan aroma wangi. Tanaman ini memiliki sekumpulan bunga berwarna putih yang mengeluarkan aroma semerbak.

Namun,  perlu menanamnya di area taman atau luar ruangan. Pasalnya, tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh untuk bertumbuh.

Tanaman ini juga membutuhkan tanah yang lembap dengan drainase yang baik. Jangan lupa untuk selalu memangkas tunas tua setelah mekar untuk mendorong pertumbuhan baru.

BACA JUGA:Tahukah Kamu, Berikut 4 Tanaman Hias Yang Tidak Tahan Udara Lembab

BACA JUGA:Mudah Dirawat, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Aglonema Penghias Rumah

Uniknya lagi dari melati adalah tanaman berbunga ini biasanya mekar dan mengeluarkan aromanya di malam hari.

2. Sedap Malam

Bunga sedap malam adalah salah satu bunga yang terkenal di Indonesia. Terbukti dengan ditetapkannya sebagai flora identitas Provinsi Jawa Timur.

Padahal aslinya bunga ini tidak berasal dari Indonesia, melainkan dari Meksiko. Bunga ini memiliki nama latin Polianthes tuberosa. Di Melayu dinamai Sundel Malam, dalam bahasa Inggris disebut Tuberose.

Di Indonesia djuluki sedap malam karena berbunga dan beraroma sedap di malam hari. Bunganya cantik, kelopaknya berlapis-lapis dengan warna putih yang sangat lembut. Karena aromanya yang wangi, bunga sedap malam banyak dibudidayakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum.

Sesuai dengan namanya, bunga ini mengeluarkan aroma yang khas pada malam hari. 

Tanaman ini juga tumbuh subur di bawah sinar matahari dan memerlukan tanah dengan drainase yang baik.

3. Wijaya Kesuma

Bunga wijaya kusuma (Epiphyllum anguliger) kadang disebut sebagai bunga malam yang misterius. Bagaimana tidak, bunga ini tidak seperti bunga lain pada umumnya yang mekar di bawah sinar matahari, bunga ini justru merekahkan kelopaknya pada malam hari.

Bahkan menjelang tengah malam. Saat berbunga itulah aroma khasnya pun merebak. Sebenarnya aromanya sangat wangi, namun sarat akan nilai mitos jadi membuat beberapa orang juga agak takut menciumnya.

Tapi bagi para pecinta bunga, proses mekar dan merebaknya aromanya adalah momen yang tidak boleh dilewatkan, karena keesokan harinya, ketika matahari sudah terbit, maka bunga wijaya kusuma pun akan layu.

4. Lavender

Sudah tidak mengherankan jika lavender menjadi salah satu tanaman yang direkomendasikan untuk dipelihara di halaman rumah. Saking wanginya, lavender kerap menjadi bahan pembuatan minyak aromaterapi favorit banyak orang. Konon, senyawa dalam lavender dapat memberikan efek rileksasi pada siapa pun yang menciumnya.

Namun demikian, tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh. Tanam di tanah kering hingga sedang dengan drainase yang baik.

5. Anyelir

Anyelir atau dikenal juga sebagai dianthus merupakan salah satu tanaman yang mengeluarkan aroma wangi. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah muda.

Uniknya, bunga anyelir mengeluarkan aroma yang sedikit pedas. Aromanya bisa mengingatkan kita pada aroma cengkeh dan kayu manis.

Tanaman ini setidaknya memerlukan waktu selama enam jam di bawah sinar matahari penuh. Siram tanaman anyelir setiap tampak mulai kering (*)

 

 

 

 

Sumber: