Rekomendasi 4 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas

Rekomendasi  4 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas

Euphorbia, tanaman hias tahan panas, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Beragam  jenis tanaman hias yang bisa mempercantik halaman rumah. Ketika musim kemarau datang dan posisi berada di lokasi iklim panas, mungkin sulit untuk menemukan tanaman yang tepat untuk halaman.

Panas terik musim panas dapat merusak tanaman dan membuatnya lebih sulit untuk tumbuh. Seperti saat ini dimana musim kemarau tengah berlangsung. Tidak adanya curah hujan membuat tanaman menjadi kering dan layu. Selain itu cuaca panas di siang hari membuat daun tanaman menguning dan banyak yang mati.

Beberapa jenis tanaman hias memang tak cocok hidup di cuaca panas. Temperatur yang sangat panas dapat mengancam mengeringkan tanaman hijau dan warna warni bunganya. Selain itu kesalahan umum dalam merawat tanaman hias adalah tidak mengetahui kadar kebutuhan sinar matahari dari suatu tanaman. Sebagian tanaman tidak tahan dengan sinar matahari langsung sementara sebagian suka dengan sinar matahari yang banyak.

Untuk itu bisa mencoba mencari jenis tanaman hias yang dapat bertahan hidup di tempat dan iklim panas. Ada beberapa jenis tanaman hias yang cocok hidup di cuaca panas dan bisa memberi kesegaran tersendiri di halaman rumah. Jenis tanaman hias ini bahkan memiliki bunga beraneka warna yang indah.

BACA JUGA:Wajib Tau! 4 Jenis Pupuk Yang Cocok untuk Tanaman Hias

BACA JUGA:Yuk Kenali 5 Jenis Tumbuhan Tropis Yang Cocok Jadi Tanaman Hias

Jenis tanaman hias ini juga mudah untuk dirawat dan dikembangkan. Meski terik panas begitu menyengat, tanaman ini bisa menyejukkan suasana rumah. 

Berikut 4 rekomendasi jenis tanaman hias yang tahan panas matahari, dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Euphorbia

Banyak orang menanam Euphorbia sebagai tanaman hias yang unik. Euphorbia adalah salah satu dari beberapa succulents dengan daun asli. Daun muncul di batang yang dipersenjatai dengan duri tajam. Bunganya bisa berwarna merah, pink, oranye, dan kuning. Tanaman ini juga dikenal dengan nama mahkota duri. 

Jika Anda mencari jenis tanaman hias yang tumbuh subur dalam kondisi di sebagian besar rumah cobalah tanaman ini. Euphorbia mudah dikembangkan karena beradaptasi dengan baik terhadap suhu ruangan normal dan di lingkungan dalam ruangan yang kering. Tanaman ini sangat bagus sebagai semak terbuka di iklim hangat, karena sangat toleran terhadap suhu tinggi. Bahkan tanaman ini bisa tumbuh pada lingkungan dengan suhu di atas 32 C.

BACA JUGA:Mau Pelihara Tanaman Hias Malas Merawat, Ini Jenisnya!

BACA JUGA:Tahukah Anda, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Ini Tumbuh Subur Tanpa Tanah

Bunga euphorbia jarang diletakkan dalam rumah, karena tanaman hias ini dapat tumbuh mencapai lebih dari 50 cm, selain itu batang bunga euphorbia berduri dan bergetah. Tanaman hias ini umum ditempatkan pada pot luar ruangan atau pekarangan.

Perawatan bunga euphoria terbilang mudah, bunga euphorbia cukup disiram seminggu sekali, dan tidak perlu disiram saat musim hujan, tujuannya agar tidak terjadi pembusukan akar dan perubahan warna pada daun. Bunga euphoria sangat suka matahari, dan mampu tumbuh cepat pada cuaca panas.

2.  Bougenville

Salah satu tanaman terbaik dan paling berwarna yang bisa didapatkan untuk lanskap di iklim panas adalah tanaman Bougenvile. Tanaman ini sangat berwarna-warni dan dianggap ideal sebagai hiasan dinding di halaman. Bunga ini menjadi jenis tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan perawatannya yang mudah.

Bougenvile atau yang kerap disebut bunga kertas sangat tahan kekeringan dan tumbuh subur di hampir semua tanah yang memiliki drainase baik. Bougenville adalah tanaman musim panas berduri yang juga bisa hidup sepanjang musim. Tidak butuh banyak penyiraman agar Bougenville tetap subur.

3. Palem Kuning

Palem kuning lebih banyak dipelihara di luar ruangan tapi tidak sedikit juga yang memelihara di pot atau dalam rumah. Palem kuning termasuk tanaman tangguh karena dapat hidup dalam berbagai kondisi. Palem kuning juga bermanfaat mengurangi polusi dalam ruangan.

Perawatan palem pun cukup mudah, palem termasuk tanaman hias yang suka sinar matahari, jadi jika  menempatkan palem kuning pada pot, setiap pagi sebaiknya taruh ditempat yang terkena banyak sinar matahari.

Siram tanaman secukupnya menggunakan sprayer (semprotan), hindari air menggenang atau terlalu banyak terkena air agar tidak terjadi pembusukan akar. Pemupukan cukup dilakukan sebulan sekali.

4. Kaktus

Kaktus adalah pilihan paling tepat untuk ditanam pada tempat dengan sinar matahari penuh. Tanaman ini juga tak memerlukan perawatan ekstra, karena  dapat bertahan hidup dalam kondisi gurun dengan sangat sedikit air.

Bahkan dapat diperoleh kaktus berbunga yang pasti akan menambah lebih banyak warna pada lanskap rumah. Jenis sukulen juga cocok ditanam pada iklim panas. Kebanyakan sukulen dan kaktus membutuhkan banyak cahaya. Tanaman hias ini cocok untuk tempat tercerah di rumah. Bisa ditempatkan di rak yang dekat dengan jendela rumah agar terpapar sinar matahari. Pastikan untuk rutin merobah posisi  tanaman hias ini untuk memastikan semua sisi tanaman mendapatkan paparan sinar matahari yang sama.(*)

 

 

 

 

 

 

Sumber: