Mengenal 5 Jenis Tanaman Hias Dari Keluarga Talas

Mengenal  5 Jenis  Tanaman  Hias  Dari  Keluarga  Talas

Caladium, tanaman hias dari keluarga talas, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Jenis-jenis tanaman hias yang cantik dapat membuat rumah makin nyaman. Apalagi, bisa diletakkan di dalam ataupun luar ruangan. Melihat dedaunan yang cantik dan menyegarkan ini tentunya membuat kamu ataupun tamu menjadi nyaman.

Tanaman dari keluarga talas  belakangan saat pandemic Covid-19 tengah populer menjadi tanaman hias.  Mulai dari  Monstera atau janda bolong, Aglonema, serta yang terbaru Caladium atau keladi.

Tanaman keluarga talas memiliki nama ilmiah Araceae. Kelompok tanaman ini merupakan tumbuhan monokotil dengan ciri khas bunga majemuk bertipe tongkol yang dikenal dengan spatha.

Famili Araceae memiliki 114 genus dengan sekitar 3750 spesies termasuk bunga majemuk tunggal terbesar di dunia yakni bunga bangkai raksasa.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tanaman Hias Yang Tahan Dengan Pencahayaan Minim

BACA JUGA:Ingin Rumah Cantik, Ini Tanaman Hias Yang Dipilih!

Tanaman keluarga talas ini juga memiliki sejumlah kegunaan. Jenis Alocasia, Colocasia, dan Amorphophallus dapat dimakan umbinya. Sebagian lain menjadi tanaman hias karena keindahannya dan lainnya menjadi gulma.

Berikut 5 jenis dari keluarga talas yang belakangan popular menjadi tanaman hias dirangkum  dari berbagai sumber :

1. Aglonema

Aglaonema termasuk jenis-jenis tanaman hias yang tidak pernah surut penggemarnya. Aglaonema termasuk tanaman hias jenis talas-talasan. Ada banyak jenis aglaonema dengan beragam corak, warna, dan ukuran.

Aglonema atau dikenal dengan Sri Rezeki juga memiliki paduan warna yang indah antara hijau, merah, dan putih. Beberapa Aglonema yang banyak dicari adalah Aglonema modestum, Aglonema red peacock, dan Aglonema Sultan Brunei.

BACA JUGA:Memilih 5 Palem Hias Yang Cocok Ditempatkan Dalam Ruangan

BACA JUGA:Ketahui 4 Jenis Tanaman Hias Cantik Sulit Perawatan

2. Monstera

Monstera merupakan tanaman hias keluarga talas yang viral karena keunikan bentuk daunnya. Sebagian daun Monstera dapat bolong-bolong seperti Monstera adansonii yang juga dikenal dengan janda bolong.

Adapula Monstera variegata dengan percampuran warna hijau dan putih serta bentuk daun yang tidak beraturan.

Jenis-jenis tanaman hias Monstera juga tengah digemari banyak orang. Nama monstera diambil dari bahasa latin monstrou yang artinya tidak normal karena memang bentuk daunnya yang berlubang. Meski kebanyakan memiliki ciri khas berlubang, ada juga yang tidak berlubang. 

Tanaman dengan ukuran daun yang besar dan lebar ini, sering digunakan untuk dekorasi rumah atau bahkan properti foto karena tanaman ini memiliki nilai estetik. Diketahui tanaman jenis philodendron ini masuk dalam keluarga talas-talasan (Araceae).

3. Caladium

Selain aglonema, keladi atau yang nama latinnya caladium juga sering terlihat sebagai salah satu koleksi para pecinta tanaman hias.

Keladi sangat cocok diletakkan di sudut ruangan atau pekarangan rumah. Selain karena bentuk daunnya yang menyerupai anak panah, daya tarik keladi juga terletak pada warnanya yang cantik.

Caladium atau keladi juga banyak dicari untuk menghiasi pekarangan rumah dan sudut ruangan. Caladium memiliki bentuk daun seperti anak panah dengan perpaduan warna merah, hijau, dan putih. Beberapa jenis keladi yang populer adalah Caladium candidum dan Caladium green spider.

4. Anthurium

Di Indonesia, anthurium lebih dikenal sebagai tanaman kuping gajah. Kenapa bisa disebut kuping gajah? Karena daunnya berbentuk lebar seperti kuping gajah dan ditopang oleh dahan  yang kecil. 

Selain anthurium daun, ada juga jenis anthurium bunga. Bahkan bunganya sangat cantik dengan warna yang mencolok dan bentuk yang indah. Selain menjadi tanaman hias, bunga Anthurium juga dijadikan bunga potong.

5. Bunga Lili

Siapa yang tak suka bunga lili? Bunga lili dengan nama ilmiah Spathiphyllum juga termasuk keluarga Araceae.

Bunga yang kerap dijadikan bunga potong ini termasuk dalam keluarga Araceae. Kecantikan bunga dan daunnya inilah yang membuat bunga lili selalu menjadi primadona dari waktu ke waktu.

Usai mengetahui ragam jenis ini, Anda dapat melengkapi koleksi tanaman hias keluarga talas-talasan di rumah agar lebih indah (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: