Yuk Kenali 5 Jenis Tumbuhan Tropis Yang Cocok Jadi Tanaman Hias

Yuk Kenali 5 Jenis Tumbuhan Tropis Yang Cocok Jadi Tanaman Hias

Palem hias, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Tumbuhan  tropis   memang  cocok sebagai tanaman  hias yang mempercantik rumah Anda. Tumbuhan tropis adalah tanaman yang dapat tumbuh secara alami di iklim tropis, salahsatunya di Indonesia.

Ada beberapa jenis tumbuhan tropis yang termasuk kategori tanaman minimalis yang tahan panas sehingga tumbuhan tersebut tidak terlalu membutuhkan air. Namun ada juga jenis tumbuhan tropis yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari dan bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

Dengan kelebihan tersebut, membuat jenis tumbuhan tropis sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena mudahnya perawatan tumbuhan tropis dan bisa hidup dengan cuaca yang ekstrem sekalipun.

Berikut ini beberapa jenis tumbuhan tropis yang dapat dipilih sebagai tanaman hias di rumah yang dirangkum  dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Tahukah Anda, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Ini Tumbuh Subur Tanpa Tanah

BACA JUGA:Kenali 5 Tanaman Hias Cantik Namun Sulit Merawatnya

1. Kaktus

Jenis tumbuhan tropis yang berikutnya adalah kaktus. Tumbuhan kaktus bisa tumbuh subur di negara yang memiliki iklim tropis, untuk merawatnya pun cukup mudah yaitu dengan hanya menyiramnya dua kali dalam seminggu. Bahkan kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

2. Bunga Kamboja

Jenis tumbuhan tropis yang selanjutnya adalah bunga kamboja. Bunga yang satu ini memang sering ditemui di daerah pemakaman. Meskipun demikian, kini banyak yang juga mengoleksinya di sekitar halaman rumah. Ini karena bunga kamboja merupakan jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh. Warna bunganya pun cukup indah untuk menghias halaman rumah.

3. Bougenville

Salah satu jenis tumbuhan tropis yang juga sangat tepat untuk mempercantik rumah adalah bunga bougenville. Bunga dengan kelopak seperti kertas ini memiliki warna-warni yang menarik dan cantik. Bougenville adalah tanaman yang tahan panas dan tidak memerlukan banyak air. Mereka bisa tumbuh dengan mudah dimana saja dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Saat bunga tanaman ini bermekaran, halaman rumah Anda akan nampak cantik sekali.

4. Palem Hias

Jenis tumbuhan tropis yang pertama adalah pohon palem hias. Pohon palem yang paling tepat untuk daerah tropis adalah jenis palem hias. Selain ukurannya yang lebih mungil dari palem pada umumnya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada suhu 20 sampai 35 derajat celcius. Suhu normal untuk wilayah Indonesia. Pohon palem akan membuat rumah hunian jadi nampak lebih asri dan rindang. Jari jemari dedaunannya yang lebar memberikan keteduhan dan hawa lebih sejuk. Selain itu, tanaman ini juga terbilang mudah perawatannya. Cocok bagi Anda yang tidak punya banyak waktu mengurusnya.

BACA JUGA:Ketahui 4 Jenis Bunga Yang Wangi Pada Malam Hari

BACA JUGA:6 Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor , Percantik Halaman Rumah

5. Euphorbia

Jenis tumbuhan tropis yang berikutnya adalah euphorbia. Euphorbia atau mahkota duri adalah salah satu tanaman hias yang kerap dijumpai sebagai dekorasi di halaman rumah. Tanaman ini mudah dikenali karena memiliki bunga dengan warna yang cantik, namun batangnya dipenuhi duri. Meskipun begitu, tumbuhan ini sering menjadi tanaman hias karena memiliki bentuk dan warna bunga yang cantik. (*)

Sumber: