Yuk ! Simak 5 Jenis Tanaman Hias Yang Tumbuh Subur di Dapur

Yuk ! Simak 5 Jenis Tanaman Hias Yang Tumbuh Subur di Dapur

Tanaman mint dapat memperindah dapur, Foto:ist--

OKINEWS.CO - Menambahkan tanaman hias agar terlihat indah tak hanya bisa dilakukan di ruang tamu. Dapur pun perlu sentuhan agar terlihat cantik dan asri. Dapur menjadi salah satu ruangan yang selalu dikunjungi setiap harinya. Tidak heran jika ruangan tersebut membutuhkan penataan untuk memanjakan mata. Alhasil, saat lelah dalam memasak, Anda bisa melihat tanaman hias untuk kembali menyegarkan mata. 

Selain sedap dipandang mata, tanaman hias di dapur bisa membantu membersihkan udara, menambahkan percikan warna, serta menyediakan produk segar sepanjang tahun. Biasanya, tanaman hias akan disesuaikan dengan bentuk dapur.

Namun, tidak semua tanaman dapat tumbuh subur di setiap dapur karena setiap ruangan dalam rumah memiliki kondisi cahaya, kelembaban, dan temperatur berbeda. Hal tersebut mempengaruhi pemilihan tanaman.

Berikut 5 rekomendasi tanaman hias yang layak ditempatkan di dapur yang dirangkum  dari berbagai sumber:

1. Tanaman Herbal

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, kamu juga bisa meempatkan tumbuhan herbal aromatik di dapur, lho. Contohnya adalah tanaman mint, basil, atau parsley. Nggak hanya cantik, ya, tanaman herbal juga bisa dikonsumsi sebagai bahan masakan.BACA JUGA:Mengenal Jenis Sukulen, Tanaman Hias Cantik Yang Tak Butuh Perawatan Ekstra

BACA JUGA:Penyuka Tanaman Anggrek, Ini Jenis-jenis Anggrek yang Populer

Perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan media tanam besar menjadikan tanaman herbal sangat cocok diletakkan di dalam ruangan. Dengan menggunakan pot gantung ataupun pot meja, tanaman herbal dapat menambah keindahan dapur kita.

2. Lili Paris

Tanaman yang punya nama lain Spider Plant  ini cocok untuk dekorasi dapur. Lili Paris sangat mudah untuk dirawat, lho, karena bisa tumbuh di tempat yang kurang sinar matahari.

Selain warnanya yang segar, Lili Paris  berfungsi sebagai pemurni udara alami karena mampu menghilangkan bau, asap, dan polutan di lingkungan sekitar. Kamu bisa menggantung Lili Paris di dapur atau letakkan di dekat jendela untuk sentuhan akhir yang segar.

3. Sri Rejeki

Tumbuhan berwarna hijau serta nuansa putih dan krem ini juga tepat, lho, untuk diletakkan di dapur. Sri rejeki diketahui mampu beradaptasi dan tumbuh dalam kondisi udara yang kering.

BACA JUGA:Tahukah Kamu ! Berikut 5 Bahan Alami Penyubur Tanaman Hias Selain Pupuk

BACA JUGA:4 Rekomendasi Tanaman Hias Ruang Kerja Yang Bikin Rileks

Tanaman dengan nama lain Chinese Evergreens ini sangat bagus untuk desain interior karena bisa menetralisasi udara kotor di dalam ruangan.

4. Lidah Mertua

Tanaman satu ini punya nama yang unik.  Konon bentuk daun yang tajam membuatnya disebut tanaman lidah mertua. Lidah mertua menjadi tanaman yang cocok diletakkan di dapur karena mudah dirawat dan memiliki daun tegak. Nggak akan menghalangi mobilitas kamu di dalam dapur.

Manfaat tanaman lidah mertua bisa menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen di malam hari. Selain itu  lidah mertua juga dapat menjadi aromaterapi. Selain menjadi pengharum ruangan alami, Lidah Mertua juga bisa dijadikan sebagai aromaterapi. Hal ini dikarenakan adanya bunga pada Lidah Mertua yang mekar setiap sore hari. Bunga inilah yang akan mengeluarkan aroma khas yang menenangkan, sehingga dapat menetralisir aroma masakan yang ada di dapur.

5. Sirih Gading

Tanaman sirih gading (Epipremnum aureum) memang terkenal tangguh dalam kondisi apapun. Jenis tanaman ini pun tak perlu perawatan yang merepotkan. Kamu bisa meletakkan tanaman ini dalam pot gantung bening, dan biarkan daun sirih gading menjuntai. Hal ini membuat suasana dapur kamu lebih sejuk. 

Nah...itulah beberapa rekomendasi tanaman hias yang bisa ditempatkan di dapur. Kamu bisa memilih salahsatunya untuk ditanam. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: