Mengenal Lebih Dekat Tanaman Hias Penghasil Oksigen di Malam Hari

Mengenal  Lebih Dekat   Tanaman  Hias Penghasil  Oksigen  di  Malam Hari

palem Kuning, salahsatu tanaman hias penghasil oksigen di malam hari, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Menanam tanaman hias bagi sebagian orang merupakan hal yang menyenangkan. Selain menambah keindahan dalam ruangan, tanaman hias juga dapat menghasilkan udara yang segar di sekitar. Bahkan menurut ilmuwan, tanaman hias dapat meningkatkan energy, kekuatan mental dan kekebalan tubuh. Hal inilah yang menjadi manfaat lain dari menanam tanaman hias,  terutama di rumah.

Efeknya menanam tanaman hias dapat membuat kesehatan menjadi semakin meningkat karena udara menjadi bersih dan kualitas tidur meningkat. Artinya tanaman hias menjadi factor yang sangat  penting keberadaannya baik di kantor maupun di rumah untuk menyaring polutan udara berbahaya dan menghasilkan oksigen yang baik bagi pernapasan.

Untuk mengenal lebih dekat,  berikut 5 tanaman hias penghasil oksigen di malam hari dirangkum  dari berbagai sumber :

BACA JUGA: Tips Merawat Tanaman Hias Saat Musim Hujan

BACA JUGA:Kenali Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

1.       Palem Kuning

Berasal dari hutan tropis, palem kuning merupakan tanaman terbaik yang dapat tumbuh subur dengan pencahayaan matahari yang minim. Tanaman palem kuning dikenal dapat menjaga kelembaban udara dengan menyerap gas beracun seperti formaldehida dan benzene.

Palem kuning menghasilkan oksigen terbaik di malam hari sehingga cocok ditempatkan dalam rumah untuk menetralisir udara bersih dan juga membantu orang meningkatkan kualitas tidur di malam hari sehingga kesehatan dapat terjaga.

 2.      Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya selalu menjadi tanaman yang dapat memancarkan oksigen di malam hari. Dikenal sebagai tanaman tanpa perawatan, lidah buaya juga  bermanfaat bagi kecantikan.

Lidah buaya merupakan jenis sukulen yang pertumbuhannya perlahan dan mempunyai daun runcing yang berduri. Tanaman ini dapat menyerap racun kimia berbahaya seperti formaldehyde dan benzene di udara.

BACA JUGA:Mengenali Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Dicangkok

BACA JUGA:Selain Tanah, Yuk Kenali 5 Media Tanam Untuk Tanaman Hias

 3.      Lidah Mertua

Lidah mertua yang bernama latin Sansevieria trifasciata menyerap karbon dioksida  bersama dengan benzena, formaldehida, xilena, dan toluene di malam hari.

Tanaman ini dikenal sebagai penghasil oksigen terbanyak dalam ruangan. Sehingga dapat ditempatkan dalam ruangan meskipun malam hari.

 4.      Sirih Gading

Disebut tanaman penghasil oksigen dalam ruangan karena tingkat konversinya cepat. Dalam sebuah penelitian, sirih gading dapat mengurangi karbondioksida sebesar 6,5 persen

Tanaman sirih gading cocok ditempatkan di pot gantung. Dengan perawatan yang mudah, sirih gading bisa ditempatkan pada media tanam selain air. Ditanam dalam pot gantung berisi air, sirih gading tumbuh subur dalam rumah.

 5.      Peace Lily

Tanaman berikut yakni peace lily yang dapat menghasilkan oksigen di malam hari. Tanaman ini merupalan salahsatu tanaman terbaik yang dapat menyerap senyawa berbahaya seperti benzena, formaldehida, toluena, karbon monoksida, dan xilena.
Peace lily diketahui dapat melembabkan udara meningkat hingga 5 persen yang membuat pernapasan menjadi segar saat tidur.

Cahaya matahari yang dibutuhkan peace lily bersifat sedang. Dengan penyiraman yang tidak terlalu sering agar kelembaban tanah terjaga, peace lily cocok ditempatkan di sudut ruangan dalam rumah.

 Itulah beberapa jenis tanaman hias penghasil oksigen di malam hari. Kamu dapat memilih salahsatunya untuk dicoba ditanam di rumah. Semoga bermanfaat (*)


Sumber: