Tips Merawat Tanaman Hias Saat Musim Hujan

 Tips Merawat Tanaman Hias Saat Musim Hujan

Hujan tak menjadi halangan untuk menanam tanaman hias, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Bulan September  biasanya memasuki musim penghujan. Musim hujan sering dianggap sebagian orang sebagai waktu yang kurang bersahabat untuk urusan menanam atau merawat tanaman hias di rumah.

Musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pemilik tanaman. Air hujan sejatinya baik untuk pertumbuhan tanaman, tapi tanaman hias  juga bisa rusak apabila terus-menerus terkena air hujan.

Padahal, musim hujan adalah waktu terbaik untuk menanam, karena suhu dan kelembapan yang rendah. Musim hujan  memberikan potensi pertumbuhan ke akarnya. Tanaman hias  dapat menyerap kelembapan di udara dan menghilangkan kelebihan sinar matahari yang dimiliki di musim panas.

BACA JUGA:Kenali Tanaman Hias Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

BACA JUGA:Mengenali Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Dicangkok

Meski begitu, perlu juga merawat tanaman hias secara khusus selama musim hujan di tahun ini. Dari penyiraman hingga pemupukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Untuk itu, kenali cara merawat tanaman hias yang benar khususnya pada musim hujan agar tak cepat layu. Air hujan merupakan irigasi alami yang baik bagi tanaman. Airnya mengandung lebih banyak oksigen dan tidak menyimpan bahan kimia seperti klorin yang banyak ditemukan di air ledeng biasa.

Akan tetapi, dialiri air hujan secara berlebihan tanpa dibarengi dengan perawatan yang baik, juga dapat merusak tanaman hias lantaran mempercepat pembusukan pada bagian akar dan tanah.

BACA JUGA:Selain Tanah, Yuk Kenali 5 Media Tanam Untuk Tanaman Hias

BACA JUGA:Tahukah Kamu, Berikut 5 Manfaat Tersembunyi Menanam Peace Lily di Rumah

Berikut 5 tips merawat tanaman hias saat musim penghujan agar tetap tumbuh subur dirangkum dari berbagai sumber :

1. Kurangi Penyiraman

Kita tahu bahwa hal yang berlebihan tidak baik. Well, ini juga berlaku kepada tanaman hias. Melakukan penyiraman secara berlebihan dapat memengaruhi kesuburan tanah dan mungkin membuat tanaman hias tidak bertahan lama. 

Memberikan air terlalu banyak, terutama di musim hujan, membuat akar tanaman cepat membusuk dan akhirnya menyebabkan kematian.Curah hujan yang tinggi membuat debit air yang diberikan pada tanaman outdoor menjadi lebih banyak dari biasanya. Air hujan juga dapat menyebabkan menghilangkan nutrisi tanah karena terhanyut dari tanah.

Sebelum memutuskan menyiram tanaman luar ruangan, pastikan untuk memeriksa kondisi tanahnya. Lakukan penyiraman hanya ketika daun dan tanah mulai mengering. Sebab penyiraman yang berlebihan juga dapat menyebabkan tanaman cepat mati.

2. Cek Drainase Pot

Jika melihat air tergenang di dalam pot, cek lagi sistem drainasenya. Jika bagian bawah pot tidak dilengkapi dengan lubang, maka harus dicek dan membuang air secara teratur. Sebab, air yang menggenang di dalam pot bisa meningkatkan risiko berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah.

Memilih pot atau media tanam dengan lubang-lubang di bawahnya berfungsi agar ketika terkena hujan, air akan dengan cepat merembes keluar lewat lubang.

Apabila sudah menggunakan pot berlubang untuk menempatkan tanaman hias, lepas alas atau piringan potnya dan pastikan pula drainase atau lubang airnya tidak tersumbat batuan atau tanah yang mengeras.

3. Cukup Sinar Matahari

Tanaman hias harus tetap diberikan sinar matahari, paling tidak seminggu sekali. Hal ini penting karena tanaman hias tetap membutuhkan pencahayaan dari matahari untuk proses fotosintesis.

4. Pangkas Secara Teratur

Cara merawat tanaman hias yang benar di musim hujan selanjutnya adalah memangkas daun yang menguning atau layu dan cabang yang kering dan mati secara rutin. Pemangkasan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tanaman hias.

Apabila membiarkan tanaman hias tanpa rutin dipangkas bisa membuat daun maupun cabangnya tidak bisa tumbuh lagi kemudian mati. Selain itu, memangkas daun dan cabang tanaman secara teratur dapat merangsang pertumbuhan baru.

Selalu disarankan untuk memangkas tanaman hias yang kamu miliki sebelum musim hujan.

5. Perhatikan Hama Penyakit

Musim hujan cenderung membuat tanaman hias rentan terhadap serangan hama. Periksa kondisi tanaman hias secara berkala dari gangguan hama yang kerap muncul seperti jangkrik, ulat, siput, bekicot, dan sebagainya.

Selain itu, cuaca yang terlalu basah juga mempermudah munculnya jamur yang menjadi penyakit tanaman. Jamur yang dibiarkan dapat menyebar dan menyerang bagian pohon.

Bila perlu berikan insektisida ataupun fungisida untuk menghindari hama dan penyakit pada tanaman hias.

Demikian cara merawat tanaman yang benar di musim hujan. Semoga bermanfaat (*)

 

 

 

 

 

Sumber: