5 Jenis Tanaman Hias Yang Tumbuh Subur di Air Tanpa Tanah

5 Jenis Tanaman Hias Yang Tumbuh Subur di Air Tanpa Tanah

Tanaman Philodendron, salahsatu tanaman hias yang subur tanpa tanah, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Apabila ingin belajar bercocok tanam, jenis tanaman hias media air dapat dipilih. Pasalnya, tanaman ini mudah untuk dirawat dan tidak memerlukan tanah sebagai media tanam. Menanam tanaman hias tidak hanya di pot atau di tanah di halaman rumah. bisa juga menanam tanaman hias di air.

Tanaman hias air sendiri tak hanya dapat menjadi dekorasi yang mempercantik ruangan tetapi juga memiliki manfaat lainnya. Tanaman tersebut dapat berfungsi sebagai penyerap karbon dioksida dan membuat udara di ruangan terasa lebih segar.

Selain itu, menanam tanaman di air adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memperbanyak koleksi tanaman hias tanpa biaya.

Jenis tanaman hias media air juga beragam sehingga dapat memilihnya sesuai dengan keinginan. Bentuknya yang cantik dapat menjadi dekorasi ruangan yang indah sekaligus menyejukkan.

BACA JUGA:5 Kesalahan Umum Saat Merawat Tanaman Hias

BACA JUGA:Ingin Pohon Kamboja Tumbuh Subur dan Berbunga Lebat, Ini Cara Perawatannya!

Jika tertarik merawatnya di rumah, simak rekomendasi 5 jenis tanaman hias media air berikut ini yang akan tumbuh sumbur meski tanpa tanah dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Philodendron

Tanaman hias yang sangat mudah dirawat ini sangat mudah ditanam di air. Pun tanaman ini terlihat sangat cantik tersebar di vas dengan berbagai ukuran dan warna. Tanaman Philodendron tumbuh di semua situasi cahaya. 

Akan tetapi, jika tampaknya ada lebih banyak batang daripada pertumbuhan daun pada tanaman, penempatan cahaya yang lebih terang akan meningkatkan pertumbuhan.

BACA JUGA:Tips Memilih Pot Yang Tepat Untuk Tanaman Hias

BACA JUGA:Tips Mudah Membuat Tanaman Hias Rajin Berbunga

2. Tanaman Giok

Tanaman giok adalah tanaman sukulen yang dapat diperbanyak dengan mudah. Masalah umum saat memperbanyak tanaman giok adalah rentan terhadap pembusukan. 

Jika merambat di air, biarkan batangnya mengering dan tidak berperasaan di atas potongan sebelum dimasukkan ke dalam air. Gunakan hormon perakaran dengan sifat antijamur.

3. Sirih Gading

Sirih gading merupakan tanaman hias merambat yang populer sebagai tanaman indoor maupun outdoor. Tanaman ini memiliki daun berwarna kuning cerah atau hijau pucat kekuningan.

Sirih gading mudah diperbanyak dalam air. Ambil gunting tanaman, potong batang tanaman di bawah simpul, dan rendam dalam air hingga dua minggu untuk berakar. Setelah pucuk terlihat, tanam sulur ke dalam tanah untuk tumbuh.

Tampilannya yang cantik membuatnya banyak digemari para pecinta tanaman. Apabila hendak membiakkan sirih gading di pot atau botol, Anda dapat memotongnya batangnya terlebih dahulu dengan panjang sekitar 20-30 sentimeter.

4. Melati Air

Ciri dari bunga melati air adalah warna bunganya putih dengan tiga kelopak dan berdaun kaku. Biasanya, tanaman ini mekar pada pagi hari dan menguncup kembali di sore hari.

Tanaman ini  dapat dirawat dengan media air, tetapi jangan sampai membiarkannya tenggelam.

5. Bambu Rejeki

Bambu rejeki tidak cocok dengan klorin dan bahan kimia lain yang dapat ditemukan di air ledeng. Tempatkan potongan tanaman bambu rejeki dalam segelas kecil air botolan atau air suling. Pilih tempat dengan sinar matahari tidak langsung yang cerah, ganti air seminggu sekali.

Demikian sejumlah jenis tanaman hias media air. Semoga bermanfaat (*)

Sumber: