Tips Memilih Pot Yang Tepat Untuk Tanaman Hias

Tips Memilih Pot Yang Tepat Untuk Tanaman Hias

Pot yang tepat mempengaruhi kesuburan tanah, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Salahsatu faktor penentu kesuburan tanaman hias yakni pemilihan pot yang tepat. Tidak semua pot dapat digunakan untuk menghasilkan tanaman yang indah dan subur. Meskipun dianggap hal yang sepele, menggunakan pot yang tidak tepat dapat mempengaruhi kesuburan dan keindahan tanaman, terutama tanaman hias. Memilih pot untuk tanaman hias tidak bisa berdasarkan keindahan dan modelnya semata. 

Pemilihan pot yang terlalu besar dapat berpengaruh pada pemberian nutrisi yang tidak efektif pada tanaman hias. Selain itu mengakibatkan penyiraman dan pemupukan tidak merata yang bisa membuat tanaman hias layu dan mati.

Begitu juga dengan pemilihan pot yang terlalu kecil juga dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman hias tidak subur. Hal ini akibat pertumbuhannya tidak berjalan dengan bagus. Tanaman hias dapat menguning dan lambat laun mati. 

BACA JUGA:Tips Mudah Membuat Tanaman Hias Rajin Berbunga

BACA JUGA:Beringin, Tumbuhan Liar Yang Disulap Jadi Tanaman Hias Bernilai Jual

Berikut ini simak 5 tips memilih pot yang tepat untuk tanaman hias dirangkum  dari berbagai sumber :

1. Ukuran Pot

Hal penting pertama yakni ukuran pot. Pemilihan ukuran pot ini mempengaruhi tumbuh kembang tanaman hias. Apabila tanaman hias mempunyai ukuran yang besar, sebaiknya memilih pot yang cukup besar juga. Karena jika dipaksakan menggunakan pot kecil, maka pertumbuhan tanaman hias akan terhambat. Akar tanaman akan sesak akibat ruang yang kecil. 

Begitu juga dengan tanaman yang ukurannya kecil sebaiknya tidak ditaruh di pot yang terlalu besar. Hal ini berpengaruh terhadap pemberian nutrisi, penyiraman dan pemupukan yang tidak merata. Lama kelamaan tanaman hias akan layu dan akhirnya mati. 

2. Pot Tanpa Lobang

Drainase sangat penting bagi kesuburan tanaman. Air yang menggenang di dasar pot dapat mengakibatkan akar cepat membusuk. Hal ini akibat tidak adanya lobang drainase yang baik pada pot. 

BACA JUGA:4 Tips Merawat Tanaman Hias Indoor Agar Tumbuh Subur

BACA JUGA:5 Tanaman Hias Merambat Yang Cocok Diletakkan Dalam Rumah

Sebelum membeli pot, sebaiknya memeriksa bagian bawah pot apakah terdapat lobang drainasenya. Jika tidak, berarti pot tersebut bukan pilihan untuk menanam tanaman hias.

3. Bentuk Pot

Ukuran akar tanaman dari waktu ke waktu akan bertambah besar. Hal ini bisa menjadi salahsatu pertimbangan dalam memilih bentuk pot bagi tanaman hias. Bagi tanaman hias yang akarnya tumbuh ke bawah, sebaiknya memilih pot yang tinggi lurus ke atas. Hal ini berguna bagi kesuburan tanaman hias. Sedangkan jika tanaman hias mempunyai akar serabut sebaiknya memilih pot yang berbentuk setengah bola. 

4. Bahan pot

Pemilihan bahan pot juga penting untuk dipertimbangkan. Karena saat ini beragam bahan pot dapat dipilih. Mulai dari tanah liat, kayu, keramik, porselen atau yang sekarang sedang trend yakni bahan daur ulang. 

Bahan plastik mempunyai sifat dapat menahan air dibanding pot tanah liat karena tidak mempunyai pori-pori di dindingnya. Sedangkan pot berbahan tanah liat dapat membuat tanah cepat kering karena mempunyai sifat poros. 

Jika tanaman hias membutuhkan tanah yang kering, pot tanah liat cocok untuk digunakan. Namun jika membutuhkan tanah yang lembab, pot plastik sangat cocok dipakai karena bersifat menyimpan air. 

5. Tema Rumah

Berikutnya yakni tema rumah. Pemilihan pot sebaiknya disesuaikan dengan tema rumah. Apabila tanaman hias ditempatkan dalam ruangan, sebaiknya memilih pot yang terbuat dari kayu. Hal ini dapat menambah kesan artistik dan cantik karena berpadu dengan meja kayu yang terdapat di ruang tamu dan terkesan lebih alami di dalam rumah.  

Selain itu pot dari kayu lebih ringan sehingga mudah untuk diangkat jika sewaktu-waktu tanaman hias tersebut membutuhkan cahaya matahari langsung. Jadi para pecinta tanaman tidak kesulitan untuk mengeluarkan atau memasukkan tanaman hias dari rumah. 

Dengan mengetahui tips memilih pot, para pecinta tanaman akan mendapatkan pot yang tepat sesuai kebutuhan. Selain tanaman hias tumbuh subur, keindahan rumah akan bertambah dengan variasi bentuk pot yang beraneka ragam. Semoga bermanfaat (*)

Sumber: