5 Tanaman Hias Merambat Yang Cocok Diletakkan Dalam Rumah

5 Tanaman  Hias Merambat Yang Cocok Diletakkan Dalam Rumah

Sirih Gading, tanaman hias jenis merambat, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Merawat tanaman hias bisa jadi cara tepat untuk membuat rumah terlihat asri, dan tanaman merambat bisa jadi pilihan.

Ya, tanaman merambat alias tanaman yang tumbuh dengan cara “memanjat” menggunakan sulur, melilit batang tanamannya sendiri, atau merayap di tanah ini memang memiliki bentuk indah jika dirawat dengan baik.

Tanaman merambat menjadi pilihan sempurna untuk rumah, bahkan dapat diletakkan di dalam ruangan. Tanaman hias merambat hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan temperamen, yang bisa Anda pilih sesuai dengan prefensi dan kondisi rumah.

BACA JUGA:Simak 4 Jenis Tanaman Hias Sekaligus Berfungsi Sebagai Tanaman Herbal

BACA JUGA:Cantik dan Kekinian, Ini 5 Jenis Tanaman Hias Jenis Tropis Yang Banyak Diminati

Di dalam rumah, kita bisa menanam tanaman merambat ini di dalam pot atau menggantungnya sebagai tanaman hias dalam ruangan. Menambahkan tanaman merambat ke dalam rumah dapat mempercantik hunian serta memberi kesan asri.  

Berikut 5 jenis tanaman hias merambat yang cocok diletakkan dalam rumah dirangkum dari berbagai sumber :

1. Sirih Gading

Tanaman sirih gading adalah jenis tanaman hias merambat yang tengah naik daun. Tanaman ini mudah dalam perawatannya, baik ditanam dengan media tanam tanah maupun air.

Berkat corak putih di daunnya, jenis tanaman hias merambat yang sirih gading kerap disebut sebagai sirih Belanda oleh masyarakat Indonesia.

Jenis tanaman hias merambat ini tak berbunga dan hanya tumbuh batang daun yang menjuntai ke bawah. Sirih gading dapat dijadikan tanaman hias untuk memberikan kesan asri dan indah.

BACA JUGA:Yuk Kenali 4 Jenis Media Tanam Yang Cocok Untuk Tanaman Hias

BACA JUGA:Mengenal 5 Jenis Tanaman Hias Dari Keluarga Talas

2. Photos

Pothos merupakan tanaman hias favorit semua orang yang tidak membutuhkan banyak perawatan dan cahaya. Tak heran, menjadikan pothos salah satu tanaman merambat terbaik untuk rumah. 

Tanaman pothos tumbuh dengan cepat, hanya membutuhkan sedikit perawatan, dan tidak pilih-pilih dalam kondisi pertumbuhannya. Pangkas sesuai bentuk dan kontrol ukuran seperlunya. 

3. Monstera Mini

Meski tanaman kecil yang menakjubkan ini terlihat seperti varietas Monstera (sesuai dengan nama umumnya), sebenarnya ini adalah Raphidora tetrasperma yang tidak termasuk dalam genus Monstera. 

Pola pertumbuhan dan perawatan monstera mini jauh lebih minim dan mudah daripada Monstera deliciosa pada umumnya. Monstera minim menjadi pilihan tepat tanaman merambat yang cocok diletakkan di dalam rumah atau apartemen yang lebih kecil.

4. Pukul Sembilan

Bunga Portulaca atau bunga pukul sembilan adalah jenis tanaman hias merambat. Sekilas jenis tanaman hias merambat ini menyerupai tanaman krokot. Bentuknya pendek, dengan rumput berbunga.

Jenis tanaman hias merambat ini berwarna-warni dan menjadikannya cocok dijadikan tanaman hias gantung di rumah. Tanaman ini dapat hidup dan bisa berbunga cepat tanpa membutuhkan banyak usaha penyiraman.

5. Brasil Philodendron

Sebagai pembudidaya dari philodendron berdaun hati yang lebih umum, Brasil philodendron (Philodendron hederaceum 'Brasil') dicirikan oleh variegasi hijau muda hingga hijau sedang yang memukau di seluruh dedaunan. 

Perawatannya hampir sama dengan philodendron berdaun hati dan akan tumbuh baik di hampir semua tempat di rumah. Perhatikan bahwa semakin banyak cahaya yang diberikan pada Brasil Philodendron, semakin kuat variasinya.

 Jadi, hindari lokasi yang kurang cahaya jika memungkinkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari varietas yang cantik ini.(*)

 

 

Sumber: