Jenis Tanaman Hias Penghasil Oksigen Bikin Udara Lebih Segar di Rumah

Jenis  Tanaman Hias  Penghasil Oksigen Bikin Udara Lebih Segar di Rumah

Lidah Buaya, Salahsatu tanaman hias penghasil oksigen dalam rumah, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Sebagian orang berpendapat bahwa tanaman tidak boleh ditaruh di dalam ruangan, apalagi kamar tidur. Dengan alasan tanaman akan mengeluarkan karbondioksida di malam hari dan menyerap oksigen. 

Pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Karena ternyata terdapat beberapa jenis tanaman hias yang dapat menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen di malam hari. 

Karenanya, selain sebagai dekorasi rumah, jenis tanaman ini cocok untuk diletakkan di dalam rumah agar bisa menghasilkan oksigen alami sehingga membuat ruangan menjadi segar. Penelitian menyebutkan, tanaman penghasil oksigen dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Artinya, memiliki jenis tanaman ini bakal meningkatkan kualitas udara di rumah sepanjang hari. Tanaman ini juga akan membantu orang untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

Berikut beberapa macam tanaman hias penghasil oksigen yang layak ditempatkan dalam rumah:

BACA JUGA:Tahukah Anda, 5 Jenis Tanaman Hias Ini Bisa Bawa Hoki di Rumah

BACA JUGA:Mengenal 4 Jenis Tanaman Bunga Hias Serta Manfaatnya

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera sudah dikenal cukup lama memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan, lidah buaya juga dapat menjadi tanaman penghasil oksigen pada malam hari. Selain itu, lidah buaya juga bisa bertindak sebagai pembersih udara alami, dengan menghilangkan polutan formaldehida dan benzena dari udara.

2. Palem Kuning

Palem adalah salah satu tanaman terbaik. Berasal dari hutan tropis lebat, ia dapat bertahan hidup dengan baik di daerah dengan sedikit sinar matahari.

Tanaman ini menyerap semua jenis gas berbahaya seperti formaldehida dan benzena serta menjaga kelembapan udara. Ini lebih disukai ideal bagi mereka yang menderita masalah sinus. Kemampuan tanaman ini untuk melepaskan oksigen di malam hari membantu memperbaiki pola pernapasan dan membuat orang tidur lebih nyenyak di malam hari.

3. Sirih Gading

Sirih gading atau Epipremnum aureum merupakan tanaman hias yang dapat tumbuh dengan menggunakan medium tanah maupun air. Tanaman penghasil oksigen ini dapat mempercantik setiap sudut ruangan dengan umbai daun hijau kekuningannya yang khas. Khasiat sirih gading untuk membersihkan udara bermanfaat untuk menghilangkan racun seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan karbon monoksida.

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Minim Cahaya Matahari

BACA JUGA:Ingin Perawatan Tanaman Hias Mudah! Pilih Tanaman Hias Keladi Yuk!

4. Krisan

Tanaman penghasil oksigen berikutnya adalah krisan atau Chrysanthemum morifolium. Kemampuannya membersihkan udara dan menghilangkan paparan zat berbahaya seperti formaldehida, xylene, benzena, dan amonia, membuat tanaman ini sangat direkomendasikan untuk menghiasi ruangan. Tak hanya membersihkan udara dan mempercantik ruangan, krisan dalam bentuk suplemen juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain mencegah penyakit diabetes dan kanker prostat.

5. Lidah Mertua

Tanaman penghasil oksigen berikutnya yaitu lidah mertua (Sansevieria). Oksigen yang dihasilkan lidah mertua dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Tanaman ini juga berfungsi menetralisir udara dan menyaring racun seperti benzena, xylene, trichlorethylene dan formaldehyde.

Dari deretan manfaat tanaman penghasil oksigen di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tanaman tersebut dapat membersihkan udara dari racun dan polusi yang dapat meningkatkan risiko stroke, kanker dan jantung. Selain itu, tanaman penghasil oksigen juga dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi risiko gangguan pernapasan hingga memperbaiki kualitas tidur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: