Mengenal 4 Jenis Tanaman Bunga Hias Serta Manfaatnya

Mengenal 4 Jenis Tanaman Bunga Hias Serta Manfaatnya

Melati, salahsatu tanaman hias bunga yang bermanfaat, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Manfaat tanaman bunga hias tidak hanya sebagai dekorasi yang mempercantik ruangan. Nyatanya tanaman bunga hias juga memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan lingkungan. Trend tanaman hias memang tidak ada matinya, berkembang dari tahun ke tahun, peminat tanaman hias terus bertambah dan berkembang luas.

Dalam dunia kesehatan, tanaman bunga hias tidak hanya memberikan keindahan visual namun juga memberikan banyak manfaat, termasuk peningkatan kualitas udara, pengurangan stres, dan peningkatan suasana hati.

Banyak penelitian telah membuktikan, manfaat tanaman bunga hias bagi kesehatan mulai dari membantu meningkatkan kadar oksigen di sekitar, hingga mengurangi racun dan mencegah penyebaran penyakit melalui udara.

Selain untuk kesehatan tubuh secara fisik, nyatanya manfaat tanaman bunga hias juga baik untuk kesehatan mental. Mempercantik rumah dan meningkatkan kualitas hidup, tentu menjadi salah satu hal yang menyenangkan dan menguntungkan untuk dilakukan.

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Minim Cahaya Matahari

BACA JUGA:Ingin Perawatan Tanaman Hias Mudah! Pilih Tanaman Hias Keladi Yuk!

Berikut 4 jenis tanaman bunga hias serta manfaatnya yang dirangkum  dari berbagai sumber:

1. Anggrek

Polusi udara menjadi salah satu permasalahan yang sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, bunga anggrek bisa menjadi salah satu pilihan tanaman hias di rumah. Sehingga nantinya rumah bisa terhindar dari berbagai polusi udara dan memberikan udara segar yang sangat dibutuhkan bagi pernapasan.

Selain itu anggrek dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang memiliki keanekaragaman warna dan bentuk bunga. Keindahan dan keanggunan bunganya menjadikan tanaman ini menjadi favorit banyak orang. 

2. Melati

Aromaterapi yang dihasilkan dari bunga melati memiliki kemampuan untuk merelaksasi sistem saraf sehingga efektif dalam meredakan stres. Pada akhirnya, manfaat bunga melati tersebut bisa menjaga kondisi mental kita menjadi lebih baik. Cobalah untuk menghirup aroma dari bunga melati untuk relaksasi. Selain itu aroma bunga melati dapat memperbaiki kualitas tidur. Aroma bunga ini membuat tubuh lebih rileks sebelum tidur. 

3. Telang

Bunga telang lebih terkenal karena manfaatnya. Pasalnya, bunga berwarna biru keunguan ini tidak memiliki aroma yang begitu kuat. Namun, bunga telang memiliki manfaat yang sangat baik bagi manusia. Salahsatu manfaat dari bunga telang adalah untuk memperbaiki sel-sel tubuh termasuk sel saraf. Pasalnya, bunga telang mengandung antioksidan seperti flavonoid dan antosianin. Manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan bisa didapatkan dengan menyeduhnya dan      meminum teh bunga telang. 

BACA JUGA:Simak Jenis Tanaman Hias yang Bisa Menjadi Inspirasi Mempercantik Rumah

BACA JUGA:Perlu Diketahui Berikut Tanaman Hias Penyerap Alami Kelembaban di Rumah

Ciri khas bunga telang atau kembang telang adalah memiliki kelopak berwarna biru    cerah dan telah digunakan sebagai bahan dalam minuman teh herbal di seluruh wilayah selama berabad-abad serta digunakan untuk memasak. Kelopaknya tersebut memberikan warna biru ketika direndam dalam air hangat atau panas, sehingga dapat digunakan sebagai pewarna pada berbagai hidangan tradisional. 

4. Lavender

            Bunga lavender telah dikenal sejak lama dalam dunia pengobatan herbal. Bunga yang berwarna ungu dan memiliki aroma khas ini diketahui memiliki beragam manfaat. Bunga lavender memiliki aroma yang mampu membantu menenangkan pikiran hingga merilekskan ketika hendak tidur. Selain dapat merilekskan, tanaman bunga lavender juga dapat mengendalikan serangga, lho! Oleh sebab itu, banyak orang menanam tanaman bunga lavender sebagai solusi untuk mengusir nyamuk. Sehingga kualitas tidur anda terjaga. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: