Mengenal Tanaman Hias Daun Cantik Menyegarkan Yang Mudah Dirawat

Mengenal Tanaman Hias Daun Cantik Menyegarkan Yang Mudah Dirawat

Aglonema, tanaman hias daun yang cantik, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Keberadaan berbagai jenis tanaman hias di rumah adalah cara yang efektif untuk menambah keindahan sekaligus menciptakan nuansa segar dan asri di dalam hunian, terutama tanaman hias daun. Berbeda dengan tanaman hias bunga, tanaman hias daun justru menarik perhatian dengan daun-daunnya yang kehijauan dan memiliki corak atau bentuk yang unik. 

Beberapa tanaman hias seperti lidah mertua, janda bolong, hingga peace lily mungkin sudah banyak dikenal selama ini. Kita bisa memilih tanaman hias yang paling disuka dan paling cocok untuk ditanam di rumah.

Macam-macam tanaman hias daun ini dicari karena warna daunnya yang indah, bentuknya yang unik, dan kesan segar yang dibawanya. Macam-macam tanaman hias daun bisa memberi keteduhan bagi rumah dan pekarangan.

Jenis tanaman hias  daun ini tidak hanya cantik, juga tidak begitu sulit dirawat. Jadi, bagi yang baru mencoba untuk menanam tanaman hias tidak perlu khawatir. Selain itu, juga sudah banyak beredar di internet cara merawat tanaman hias ini.

BACA JUGA:Simak Cara Menyiram Tanaman Hias Supaya Subur dan Indah

BACA JUGA:Wajib Diketahui, 5 Jenis Tanaman Hias Yang Bantu Hilangkan Racun di Rumah

Berikut macam-macam tanaman hias daun yang populer dirangkum dari berbagai sumber:

1. Aglonema

Aglaonema adalah jenis tanaman hias yang daunnya sangat populer di Indonesia karena perawatannya yang mudah dan warna daunnya yang menawan. Jenis tanaman hias ini berasal dari keluarga talas dan tumbuh dengan baik di iklim tropis seperti Indonesia.

Terdapat berbagai jenis Aglaonema yang bisa dipilih berdasarkan bentuk dan kombinasi warna daunnya, ada belasan jenis yang tersedia. Selain itu, harga tanaman ini juga tergolong masuk akal, membuatnya menjadi pilihan favorit di kalangan pecinta tanaman hias di Tanah Air.

2. Lidah Mertua

Jenis tanaman hias dengan tampilan yang unik dan juga mudah perawatannya yang pertama adalah lidah mertua. Lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria trifasciata. Lidah mertua yang banyak dijumpai yakni lidah mertua yang memiliki bentuk daun memanjang, tekstur keras, dan corak garis vertikal pada daunnya.

Tak hanya cantik, tanaman hias daun yang satu ini juga memiliki manfaat bagi lingkungan dan kesehatan manusia seperti menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia. Kamu bisa menanamnya di dalam pot dan meletakkannya di sudut ruangan.

3. Monstera

Jenis tanaman hias satu ini tengah digemari banyak orang. Nama monstera diambil dari bahasa latin monstrou yang artinya tidak normal karena memang bentuk daunnya yang berlubang. Meski kebanyakan memiliki ciri khas berlubang, ada juga yang tidak berlubang.

BACA JUGA:Mau Tanaman Sirih Gading Tumbuh Subur, Ini Cara Merawatnya!

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Jenis Alocasia, Tanaman Eksotis Berdaun Cantik

Tanaman dengan ukuran daun yang besar dan lebar ini, sering digunakan untuk dekorasi rumah atau bahkan properti foto karena tanaman ini memiliki nilai estetik. Diketahui tanaman jenis philodendron ini masuk dalam keluarga talas-talasan (Araceae).

4. Kuping Gajah

Anthurium crystallinum atau kuping gajah, memiliki bentuk daun sesuai namanya yang membentuk seperti kuping seekor gajah. Sekilas jenis tanaman hias ini tampak seperti tanaman keladi.

Bedanya, tanaman ini memiliki daun lebar berbentuk jantung warnanya hijau tua dengan urat hijau muda keputih-putihan. Pada daun terdapat guratan uratnya yang menonjol berwarna putih seperti kristal maka dinamai crystallinum.

5. Philodendron

Tanaman philodendron menjadi primadona sebagai tanaman indoor maupun interior ruangan. Tanaman ini memiliki banyak ragam dan eksotis, sekitar 450 varietas. Beberapa spesies ada yang tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh semak.

Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Masing-masing jenis memiliki ciri khas fisik yang berbeda-beda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna daunnya.(*)

 

 

 

 

 

Sumber: