Wajib Diketahui, 5 Jenis Tanaman Hias Yang Bantu Hilangkan Racun di Rumah

Wajib Diketahui, 5 Jenis Tanaman Hias Yang Bantu Hilangkan Racun  di Rumah

Tanaman Lidah Mertua, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Salahsatu manfaat menanam tanaman hias adalah menambah keindahan rumah. Tanaman hias disukai karena bentuknya yang indah. Rumah yang dipenuhi dengan tanaman juga akan terasa lebih sejuk. Selain itu fungsi tanaman hias dapat menyerap racun yang ada di rumah. Ini disebabkan tanaman melakukan fotosintesis lalu melepaskan oksigen, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara dan membuat rumah menjadi lebih sehat.

Tanaman hias yang dapat menyerap racun semakin digemari banyak orang. Selain sebagai item penunjang interior dan eksterior rumah, tanaman-tanaman ini juga memberi manfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang tinggal di lingkungan dengan udara kurang baik, bisa mencoba memanfaatkan tanaman-tanaman berikut untuk menyegarkan udara di sekitar rumah.

Berikut rekomendasi tanaman hias yang dapat menyerap racun agar udara di sekitar rumah lebih bersih dan segar  dirangkum  dari berbagai sumber :

1. Lidah Mertua

Tanaman bernama latin Sansevieria ini ternyata memiliki banyak nama berbeda di dunia. Di Indonesia dikenal sebagai Lidah Mertua dan pedang-pedangan, sementara nama internasionalnya ada snake plant, snake tongue, dan devil's tongue.

BACA JUGA:Mau Tanaman Sirih Gading Tumbuh Subur, Ini Cara Merawatnya!

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Jenis Alocasia, Tanaman Eksotis Berdaun Cantik

Diketahui bahwa tanaman ini dapat menyerap berbagai racun seperti formaldehida, benzena dan trikhloroetana. Tanaman ini sangat cocok diletakkan luar maupun dalam ruangan. Lidah mertua  ini cocok diletakkan di dalam kamar. Keunggulannya yaitu bisa menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen di malam hari.

Untuk peletakkan tanaman ini alangkah lebih baiknya ditaruh dekat area yang terkena cahaya, lalu rutin diberi air ketika tanah tanaman sudah mulai kering.

2. Lidah Buaya

Selain sebagai tanaman hias, lidah buaya  memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Yakni bisa membantu membersihkan udara dari bahan kimia berbahaya yang berasal dari pembersih, yakni formaldehida dan benzena. 

Selain itu, lidah buaya juga dipercaya dapat memurnikan udara di rumah dengan menyaring udara dan menjaga kualitas udara dengan lebih baik. Bahkan beberapa survei menyebut lidah buaya dapat menyerap radiasi elektromagnetik.

BACA JUGA:Kenali 5 Cara Membersihkan Daun Tanaman Hias Agar Bersih dan Kinclong

BACA JUGA:Cara Mudah Merawat Fittonia, Jenis Tanaman Hias Daun Berpola yang Cantik

Cara merawat tanaman eksotis ini pun cukup mudah karena tidak memerlukan banyak air dan cahaya matahari. Sangat cocok dijadikan tanaman hias di rumah minimalis.

3. Spider Plant

Tanaman Spider plant berasal dari Afrika dan memiliki tinggi hanya 60 cm. Meski mungil tanaman hias ini dikenal sebagai salah satu penyerap debu. Sama seperti lidah buaya, tanaman ini juga dipercaya bisa menghilangkan polutan kimia berbahaya yakni formaldehida dan xylene.

4. Sirih Gading

Tidak dapat dipungkiri jika di dalam rumah terdapat endapan residu berbahaya yang dihasilkan oleh cat dinding, cat kayu, dan peralatan elektronik. Tanaman sirih gading dipercaya untuk menyerap racun dan berbagai polutan lainnya. Bahkan sirih gading dapat mengolah racun menjadi pasokan oksigen segar dan membantu mengatasi permasalahan pernafasan.

5. Palem

Tanaman palem memiliki bentuk yang cantik sehingga sering digunaakan sebagai dekorasi di rumah maupun di tempat-tempat umum. Tanaman yang satu ini menjadi penjernih udara yang paling baik. Palem adalah salahsatu jenis jenis tanaman tropis, oleh karena itu mudah dikembangbiakkan di Indonesia. Palem dapat tumbuh subur di ruangan yang terang

Palem  mampu menyerap polutan berbahaya yang dihasilkan dari cat rumah seperti benzene, formalin, dan trichloroethylene. Agar manfaat palem bambu bekerja lebih maksimal, tempatkanlah tanaman ini di dekat dinding atau sudut ruangan. (*)

 

 

 

 

 

Sumber: