Siapa Bilang Berisik? 10 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Siapa Bilang Berisik? 10 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Mendengarkan musik saat bekerja akan membatu untuk fokus dan lebih produktif--

Terkadang,  adakalanya kita merasa jenuh saat bekerj, hal ini biasanya terjadi karna perubahan mood di mana suasana hati menjadi buruk.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Ini 15 Dampak Kurang Minum Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Bila dilihat dari sisi ilmiah, mendengarkan alunan melodi yang disukai dapat menunjang peningkatan pelepasan hormon dopamin di otak yang berperan dalam perasaan senang dan bahagia.

Perasaan yang dialami saat mendengarkan musik bisa dikatakan serupa dengan rasa senang saat berbicara santai dengan teman akrab yang sudah lama tidak bertemu, atau memakan kue favorit.

3. Meningkatkan produktivitas

Para pakar penelitian mengatakan bahwa jika mendengarkan musik saat bekerja bisa mendorong seseorang untuk lebih produktif.

Jika mendengarkan musik saat bekerja semagat dan motivasi bisa terdorong untuk lebih produktif saat sedang hendak melakukan pekerjaan.

BACA JUGA:Minimalis Bukan Berarti Pelit! Simak 10 Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis yang Tren di Kalangan Anak Muda

Para ahli juga mengatakan jika seseorang  yang terbiasa bekerja sambil mendengar musik justru lebih baik dalam performa kerjanya. 

Hal ini mengingat bahwa beberapa orang ini mengalami peningkatan mood atau memiliki suasana hati yang lebih baik saat bekerja sambil mendengar musik. 

Mendengarkan musik saat bekerja bisa meningkatkan produktivitas, kaitan antara mendengarkan musik serta performa saat melakukan tugas repetitif menunjukkan, bekerja sambil dengar musik dapat menunjang produktivitas.

Beberapa penelitian yang lebih baru juga mengatakan bahwa hal ini merupakan  peningkatan produktivitas terjadi bukan karena mendengarkan musik secara langsung, tetapi karena peningkatan mood yang terjadi saat mendengarkan musik tersebut.

BACA JUGA:Wajib Tau! Ini 10 Bahaya Kesehatan Makan Mie Instan Dicampur Nasi yang Sering Jadi Kebiasaan Orang Indonesia

4. Meningkatkan kreativitas

Melodi lirik dan harmoni musik yang ada dapat merangsang pikira kamu dan membantu dalam menemukan solusi kreatif untuk masalah pekerjaan kamu.

Sumber: