Tensor G4 Google Pixel 9 Memiliki Benchmark Jauh Tertinggal dari Ponsel Flagship iPhone dan Samsung?

Tensor G4 Google Pixel 9 Memiliki Benchmark Jauh Tertinggal dari Ponsel Flagship iPhone dan Samsung?

Jika berbicara tentang bersaing dengan nama-nama besar dalam bisnis ini, Apple dan Samsung adalah yang terbesar. Apakah Tensor G4 memiliki nilai Benchmark yang tertinggal?--

Pixel 9 Pro XL tetap sekitar 33% tertinggal di skor GeekBench 6. Kesenjangan dengan Samsung Galaxy S24 Ultra lebih dekat, tetapi Pro XL masih jauh di belakang, mencetak 14% lebih buruk dalam single-core, 33% lebih buruk dalam multi-core, dan 46% tertinggal di PCMark. 

Di sisi baiknya, Pixel 9 dan 9 Pro menawarkan kinerja single-core yang lebih unggul dibandingkan dengan OnePlus 12 dan ASUS Zenfone 11 Ultra yang konservatif. 

Namun, ponsel ini menurunkan clock untuk menghemat baterai di luar kotak. Mereka mengungguli Pixel dengan mode kinerja masing-masing yang diaktifkan.

BACA JUGA:Bocoran Hp Google Pixel 9 Pro yang Akan Mengambil Pangsa Pasar Lebih Besar Dengan AI Paling Canggih

BACA JUGA:Google Pixel 8a Kapan Rilis? Begini Bocoran Spesifikasi dan Harganya, Bakal Upgrade Besar-besaran?


Secara keseluruhan, Tensor G4 di dalam Pixel 9 memiliki tolok ukur yang jauh tertinggal dari pesaingnya. --

Defisit kinerja inti tunggal ini disebabkan oleh kecepatan clock Cortex-X4 yang lebih rendah daripada pesaingnya Snapdragon, yaitu 3,1GHz versus 3,3GHz. 

Di sisi multi-inti, Tensor G4 memiliki dua inti tengah Cortex-A720 yang lebih sedikit, yang menjelaskan mengapa kita melihat perbedaan yang sangat drastis dalam beban kerja multi-utas. 

Apakah ini penting? Ya dan tidak. Pengaturan CPU Tensor G4 didasarkan pada inti CPU terkini dan masih cukup kuat untuk aplikasi sehari-hari Anda; pesaingnya terlalu berlebihan di sini. 

Namun, chip andalan Google tidak memiliki potensi kinerja puncak untuk aplikasi yang paling menuntut (seperti penyuntingan video).

BACA JUGA:Wajar! Google Pixel 8 Series jadi HP Terbaik di Ajang MWC 2024, Ternyata Begini Spesifikasinya

BACA JUGA:Raih Penghargaan Smartphone Terbaik di MWC 2024, Begini Spesifikasi Google Pixel 8, Usung SoC Google Tensor G3

Grafiknya juga tidak akan memuaskan para penggila performa; Tensor G3 tahun lalu sudah ketinggalan zaman, dan G4 juga tidak lebih baik. 

Pixel 9 reguler misalnya, ia memiliki defisit grafik sebesar 20% dibandingkan iPhone 15 dan kecepatannya hanya setengah kecepatan ponsel Snapdragon 8 Gen 3 dalam uji WildLife Extreme 3DMark. 

Pixel 9 Pro sedikit lebih baik; ia juga hanya memberikan 50% dari kinerja puncak GPU Adreno Snapdragon 8 Gen 3 dan juga 39% lebih lambat dari GPU enam inti iPhone 15 Pro. 

Sumber: