Mandi Air Dingin atau Hangat? Temukan Manfaat Kesehatan dari Kedua Pilihan di Sini

Selasa 19-12-2023,08:02 WIB
Reporter : Fitri Handayani
Editor : Fitri Handayani

BACA JUGA:Segarkan Hidup dan Sehatkan Ruang Kerja! Manfaat Luar Biasa Menghidupkan AC Secara Teratur

Karena pada saat mandi air dingin membuat ujung saraf di permukaan kulit yang membuat segar dimana hal ini dijadikan sebagai sinyal agar otak tetap aktif dan segar. 

Otak juga bisa memproduksi hormon beta-endorfin yang bisa membuat kamu merasa lebih baik, itu sebabnya setelah mandi kamu akan merasa lebih ceria.

Membiasakan diri mandi menggunakan airdingin secara ritin akan dapat mengurangi depresi sehari-hari.

3. Mempercepat Pemulihan Nyeri Otot dan Pegal Linu

Mandi menggunakan air dinggin sangat efektif dalam mengurangi nyeri otot yang mungkin muncul akibat aktifitas sehari-hari yang melelahkan.

BACA JUGA:Anak Kos Harus Waspada, Resiko Kesehatan Mengkonsumsi Ayam Setiap Hari

Dengan mandi air dingin juga bermanfaat dalam mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat.Misalnya, setelah melakukan olahraga berat dan lain sebagainnya.

Rasa pegal dan nyeri ini dapat dikurangi dengan mandi air dingin dikarenakan air dingin memiliki sifat regeneratif yang membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

Air dinggin menjadi alternative untuk membantu menenangkan nyeri otot yang melelahkan yang disebabkan kelelahan.

4. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat mandi dengan air dingin yang tidak kalah penting, yakni membuat rambut menjadi lebih lembut dan bercahaya alami.

BACA JUGA:Wajib Bersihkan Kamar Mandi dengan Tepat, Sangat Penting untuk Kesehatan

Mandi dengan air dinggin dapat mengiurangi iritasi gatal-gatal hingga penyakit lainnya yang timbul oleh bakteri yang menggagu kesehatan rambut dan kulit.

Selain itu mandi dengan air dinggin membuat kulit tetap lembap dan kenyal karna air dinggin memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

5. Menyegarkan Pikiran

Kategori :