Rekomendasi Tanaman Indoor Yang Bisa Bikin Sejuk

Rekomendasi Tanaman Indoor Yang Bisa Bikin Sejuk

Rubber Plant, salahsatu rekomendasi tanaman hias yang bikin ruangan sejuk. Foto:ist--

OKINEWS.CO - Menambah dekorasi rumah dengan tanaman hias boleh-boleh saja. Namun sebelum menentukan jenisnya, baiknya dilihat manfaat lain yang bisa didapat. Jadi jangan sekadar menambah estetika saja tetapi memberikan ruangan lebih terasa sejuk. Hal ini dapat menjadi keuntungan ganda bagi lingkungan sekitar. 

Tanaman hias selain menambah keindahan, juga dapat dijadikan penyejuk ruangan yang terjangkau. Cuaca panas di siang hari tanpa pendingin ruangan dapat diatasi dengan meletakkan tanaman hias ramah lingkungan yang bisa meyejukkan.

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Hias Cantik Yang Bantu Mengusir Hama

BACA JUGA:4 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Merawat Tanaman Hias, Berikut Cara Mengatasinya

Diketahui tumbuhan dapat  membantu mengubah suhu atmosfer bumi melalui proses fotosintesis. Dengan melepaskan kelebihan air ke udara melalui daunnya dan melepaskan air yang menguap sehingga lingkungan sekitarnya akan terasa lebih sejuk.

Beberapa tanaman berikut mampu menjadi pendingin alami, menyerap panas dan menghasilkan oksigen untuk menurunkan suhu udara sekitar.

BACA JUGA:Jenis, Manfaat dan Cara Merawat Tanaman Hias Lidah Mertua

BACA JUGA:Manfaat dan Filosofi yang Dimiliki Tanaman Hias Aglonema

1. Lidah Mertua

Daun lidah mertua memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga ketika bertranspirasi tanaman ini akan melepaskan uap air dingin yang menguap ke udara. Tanaman ini juga melepaskan oksigen sehingga membuat udara tetap sejuk di cuaca panas yang terik. Lidah mertua juga dikenal mampu membantu menghilangkan racun seperti benzena dan formaldehida di udara.

Tanaman ini menyukai sinar matahari. Oleh karena itu, jika ingin menjadikannya tanaman dalam ruangan, kita bisa menempatkannya di pinggir jendela. Selain agar pertumbuhan tanamanmu optimal, meletakannya di pinggir jendela juga bisa membantu menghalangi sinar matahari berlebihan yang masuk ke ruangan. Pada akhirnya, kondisi itu juga akan menciptakan kesejukan.

2. Golden Photos

Epipremnum aureum atau golden pothos atau devil's ivy memiliki daun berbentuk hati yang rimbun. Tanaman merambat hijau dari Polinesia Perancis ini merupakan pelembap udara yang ideal.

Para ilmuwan juga menaruh perhatian besar pada golden pothos karena dianggap mampu menghilangkan polutan dalam ruangan, seperti formaldehida, benzena, xilen, dan karbon monoksida. Ini adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang paling populer karena punya toleransi tinggi untuk berada di lingkungan dengan cahaya redup dan air minimal. Namun, kelemahan tanaman ini adalah daunnya beracun dan di beberapa lingkungan tropis sangat invasif.

3. Rubber Plant

Tanaman ini dapat meningkatkan kelembapan di dalam ruangan, sehingga akan memberikan efek udara yang lebih sejuk. Semakin banyak dedaunannya, akan semakin besar kelembapan yang kembali dilepaskannya ke udara. 

Tanaman ini akan menyerap air melalui akarnya, kemudian melepaskan kelembapan melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daunnya. Tips tambahan, beri sedikit air agar tanahnya tetap lembap secara merata dan tempatkan tanaman di area yang terang namun tidak terkena sinar matahari langsung.

4. Palem

Palem berdaun hijau, seperti palem kuning, pakis, Livistona, Caryota mitis, dan palem jari memiliki stoma kecil yang dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Semakin besar permukaan daunnya, semakin banyak oksigen yang dihasilkannya. 

Tidak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk ketika cuaca panas. Rutin melakukan misting secara mingguan dapat membuat tanaman tetap sehat dan meningkatkan kelembapannya.

Sumber: