Simak Tanaman Hias Yang Tak Perlu Disiram Setiap Hari

Simak Tanaman Hias Yang Tak Perlu Disiram Setiap Hari

Begonia, tanaman hias yang tak perlu disiram setiap hari, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Tanaman hias menjadi salahsatu tanaman yang banyak digemari masyarakat. Selain sebagai dekorasi rumah, tanaman hias juga menjadi pelampiasan hobby  penggemar tanaman untuk mengoleksinya Rumah tanpa tanaman akan terlihat gersang dan 'kosong'.

Saat ini tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang banyak diincar-incar oleh masyarakat. Bahkan mereka tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya demi mendapatkan tanaman hias yang diinginkan.

Memiliki warna yang cantik, bermotif menarik, serta ukurannya yang cenderung kecil membuat tanaman hias ini dapat dipilih untuk menghiasi rumah ataupun ruangan.

BACA JUGA:Selain Indah, 4 Jenis Tanaman Hias Ini Dapat Dijadikan Pagar Rumah

BACA JUGA:Simak 5 Penyebab Tanaman Hias Mudah Mati

Namun, dalam merawat tanaman hias tidak boleh sembarangan karena harus memperhatikan pemupukan, keadaan tanahnya, hingga disiram secara teratur agar tumbuh sempurna.

Terkadang jika kita memiliki kesibukan, kita lupa untuk menyiram tanaman secara teratur. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari.

Jenis tanaman seperti ini cocok untuk rumah di iklim tropis yang mengalami kemarau. Bentuknya pun tidak kalah menarik dengan tanaman hias lainnya, bahkan beberapa ada yang berkhasiat bagi kesehatan atau kebersihan udara di dalam rumah.

BACA JUGA:Tanaman Hias Mini Yang Cocok Dalam Ruangan

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Hias Kekinian yang Banyak Digemari

Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang tak perlu disiram setiap hari agar tumbuh subur:

1. Begonia

Tanaman ini memiliki ciri khas daun lebar berwarna kontras yang mampu memberikan sentuhan segar pada ruangan. Tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari ini cocok sekali diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai penambah dekorasi.

Begonia termasuk tanaman yang bisa bertahan hidup dalam kondisi minim air. Bahkan kamu tidak perlu menyiramnya setiap hari karena tanaman ini sensitif terhadap air yang berlebih.

Siram kembali Begonia ini ketika daunnya sudah sedikit layu dan berikan air secukupnya saja.

2. Kaktus

Sudah jadi rahasia umum jika kaktus adalah tanaman hias yang tidak perlu sering disiram. Kaktus sudah terbiasa bertahan hidup di iklim kering, sehingga bisa bertahan hidup sampai empat bulan di dalam ruangan tanpa disiram.

Perawatannya, kamu perlu menyiram kaktus dari bawah dan pastikan pot memiliki drainase yang baik. Kamu juga bisa memasukkan kaktus ke dalam bak air sebulan sekali dan membiarkannya menyerap sedikit air dari bawah. Simpan kaktus di ruangan dengan banyak cahaya alami agar kaktus dapat tumbuh subur.

3. Bougenville

Tanaman hias ini termasuk yang tidak perlu disiram setiap hari. Bougenville memiliki bunga berwarna cerah yang akan membuat perkarangan rumah menjadi lebih indah.Saat ini sudah banyak orang yang membuat bonsai Bougenville dalam pot, sehingga Bougenville ini dapat diletakkan di dalam ruangan juga.

Meskipun tanaman ini tidak perlu disiram setiap hari, kamu harus menyiram bunga Bougenville yang baru saja tumbuh agar akarnya kuat. Jika akarnya sudah kuat, kamu bisa menyiramnya kembali setelah tanahnya mengering. Sebaiknya hindari penyiraman tanaman ini jika tanahnya masih basah karena akarnya bisa cepat busuk.

4. Lidah Buaya

Satu lagi tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari adalah lidah buaya. Selain mempercantik dekorasi ruangan, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja untuk menyembuhkan luka bakar, kesehatan kulit, dan lainnya.

Sama halnya dengan sukulen tasbih, cara merawat lidah buaya pun cenderung mudah. Kamu tidak perlu terlalu sering menyiram lidah buaya karena sifatnya yang tahan udara panas dan tanah kering. Cukup untuk menyiram satu kali dalam 2-3 minggu saja.

Sumber: