Bikin Suasana Sejuk, 5 Tanaman Peneduh Ini Mesti Ada di Rumah

Bikin Suasana Sejuk, 5 Tanaman Peneduh Ini Mesti  Ada di Rumah

Ketapang Kencana, tanaman hias peneduh wajib ada di rumah, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Ada berbagai jenis tanaman yang bisa ditanam di halaman rumah. Salah satunya adalah tanaman peneduh. Di tengah cuaca yang sedang terik ini, tak ada salahnya untuk mencoba menanam pohon peneduh di halaman rumah. Merawat tanaman atau pohon di halaman rumah tak hanya berfungsi sebagai penghias. Manfaat menanam pohon peneduh di halaman rumah adalah mampu menurunkan suhu lingkungan.

Tanaman peneduh pada umumnya merupakan jenis pohon, dimana manfaatnya selain untuk meneduhkan lingkungan sekitar yang panas juga menyerap kabondioksida. Disebut tanaman peneduh karena biasanya jenis tanaman ini berdaun lebar sehingga lingkungan di sekitar tanaman itu menjadi terasa sejuk dan segar.

Selain mengurangi polusi dan mengeluarkan cukup banyak oksigen, tanaman peneduh dapat membuat kita merasa teduh ketika berada di sekitarnya. Hal ini dikarenakan panas terik sinar matahari terhalang oleh dedaunan yang rimbun.

Berikut 5 jenis tanaman peneduh yang cocok ditanam di sekitar lingkungan rumah:

BACA JUGA:Rekomendasi Jenis Bunga Cantik Pengusir Nyamuk Yang Bisa Ditanam di Rumah

BACA JUGA:Jenis Tanaman Kaktus Yang Tidak Berduri, Cocok Untuk Interior Rumah

1. Ketapang Kencana

Salahsatu tanaman peneduh  yang mudah dirawat adalah ketapang kencana. Tanaman ini cocok buat yang menginginkan pohon peneduh di halaman rumah dengan bentuknya yang ramping.

Pohon ketapang kencana ini memiliki diameter batang tidak terlalu besar, namun rantingnya padat dan bertingkat. Jadi, bagi yang hanya memiliki halaman rumah tak cukup besar, ketapang kencana adalah pilihan tepat. Untuk merawat ketapang kencana, hanya perlu melakukan pemangkasan secara teratur untuk mendapatkan hasil daun yang rindang.

Meskipun ramping, ketapang kencana bisa tumbuh 10 sampai 20 meter, lho! Dedaunannya pun tampak apik seperti kanopi. Adem banget ya...

2. Palem

Pohon palem juga termasuk ke dalam tanaman peneduh. Pohon ini tidak cukup tinggi dan tidak memiliki begitu banyak cabang, namun tetap bisa memberikan keteduhan di saat cuaca panas.

BACA JUGA:Teras Kecil? Tanaman Gantung Bikin Teras Indah dan Asri

BACA JUGA:Manfaat Tersembunyi Tanaman Hias Yang Jarang Diketahui

Di suhu yang tropis ini,  bisa menggunakan pohon palem ekor tupai yang mekar di bagian dedaunannya, palem kipas yang megah dengan daun berukuran besarnya, hingg palem botol dengan batang pohonnya yang unik.

3. Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah merupakan pohon rendah. Pohon peneduh ini memiliki perpaduan warna yang cantik. Selain didominasi oleh warna hijau tua, pohon ini juga berwarna merah pada bagian pucuk-pucuknya.

Selain perpaduan warna yang sangat cantik, daunnya juga sangat banyak dan terlihat rimbun. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan pohon pucuk merah sebagai pohon peneduh.

Ukuran pohon ini juga tak terlalu besar, sehingga memudahkan untuk menanan dan merawat pohon ini di depan rumah. Menjadikannya sebagai tanaman peneduh, pohon ini sekaligus juga akan mempercantik halaman rumah.

4. Beringin

Pohon beringin, dengan akar besar dan dedaunan lebat adalah pilihan ideal untuk menciptakan teduh di halaman rumah. Tidak hanya memberikan nuansa yang lebih adem dan sejuk, namun pohon beringin juga dapat memberikan sentuhan artistik yang keren untuk rumah, lho. 

Selain itu, pohon beringin juga cukup bandel karena meskipun sudah ditebang berulang kali ia akan tumbuh lagi dan lagi. Daunnya yang lebat tidak hanya mampu memproduksi banyak oksigen, namun juga dapat menjadi tempat tinggal hewan, terutama burung.

5. Tanjung

Pohon tanjung biasanya sering ditemui di jalan besar. Namun, bisa juga ditanamn di halaman rumah koq. Jenis pohon peneduh satu ini memang jagonya bikin adem. Pasalnya,  dedaunan pohon tanjung amat lebat dan nggak mudah gugur.

Takut tumbang? Tenang! Pohon tanjung berdiri dengan batang pohon dan ranting yang tebal. Namun, sebaiknya halaman rumahnya cukup luas untuk menanam pohon ini.

Nah, itulah 5 jenis pohon peneduh yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan baik hingga besar. (*)

 

 

 

 

 

 

Sumber: