Pilih Mana? Bank Syariah atau Bank Konvensional? Simak Perbedaannya di Sini!

Selasa 02-01-2024,16:15 WIB
Reporter : Tia Rachmawati
Editor : Tia Rachmawati

OKINEWS.CO – Bank syariah dan bank konvensional memiliki sistem operasional yang berbeda, apa saja ya? Yuk, simak perbedaannya di sini.

Bank syariah merupakan bank yang menjalankan sistem operasional berdasarkan prinsip-prinsip syariah dan berorientasi untuk kemaslahatan bersama. 

Sedangkan bank konvensional merupakan bank yang menjalankan sistem operasional berdasarkan prinsip-prinsip keuangan yang mengacu pada kesepakatan nasional maupun internasional. Bank konvensional berorientasi pada profit dengan menjalankan sistem bunga.

Sekilas tampak sama, simak selengkapnya perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional yang penting untuk diketahui.

BACA JUGA:Pantes Diburu, Ternyata Ini yang Buat Honda Tiger Lawas Masih Diminati Sampai Sekarang

Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

1. Tujuan Didirikannya

Bank syariah dan bank konvensional mempunyai tujuan pendiriannya masing-masing. Jika bank konvensional mempunyai orientasi untuk memperoleh keuntungan dengan bebas nilai atau sesuai dengan prinsip perbankan umum.

Sedangkan bank syariah, tidak hanya berorientasi pada profit, melainkan bertujuan untuk memperoleh kemaslahatan bersama yang berfokus pada aspek dunia dan akhirat.

2. Landasan Prinsip

Perbedaan bank syariah dan bank konvensional selanjutnya dapat dilihat dari landasan prinsip yang digunakan.

Bank konvensional berlandaskan pada prinsip konvensional yang mengacu pada peraturan nasional dan internasional berdasarkan hukum yang berlaku.

Sementara pada bank syariah, prinsip yang digunakan berlandaskan pada hukum Islam yang mengacu pada Al-quran dan Hadist yang diatur oleh Fatwa Ulama. 

3. Sistem Operasional

Sistem operasional yang dianut bank syariah dan bank konvensional juga tentu berbeda. 

Kategori :