Mau Daftar KIP Kuliah 2024 tapi Belum Terdaftar DTKS? Temukan Solusi Alternatif di Sini

Minggu 24-12-2023,12:36 WIB
Reporter : Fitri Handayani
Editor : Fitri Handayani

OKINEWS. CO - DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) merupakan data acuan pemerintah untuk menyalurkan bantuan program bansos terhadap masyarakat.

Salah satu syarat penerima KIP Kuliah 2024 ialah siswa yang tercatat dalam data terpadu DTKS dengan status kesejahteraan 40% terendah.

Jadi gimana daftar KIP Kuliah tapi DTKS belum terdaftar atau tidak terdaftar?

Tenang, kami telah merangkum dari berbagai sumber mengenai solusi alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar KIP Kuliah 2024 tapi belum memiliki DTKS.

BACA JUGA:Harus Tau! Calon Pendaftar KIP Kuliah Merdeka 2024, Apa Beda antara Skema 1 dan 2

Salah satu solusi dan alternatif  lain untuk kamu yang mau daftar KIP Kuliah taoi gak terdaftar DTKS atau tidak punya KIP, kamu bisa menggunakan SKTM  loh.

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar KIP Kuliah tapi belum ada DTKS.

Jika DTKS belum atau tidak terdaftar di Kemensos maka calon pendaftar KIP Kuliah bisa melengkapi syarat data ekonomi dan aset.

Nantinya calon penerima akan diminta untuk melengkapi informasi dengan menggunakan status ekonomi yang bisa di gunakan SKTM (surat keterangan tidak mampu) dari desa setempat.

BACA JUGA:Penting untuk Tahu! 4 Kesalahan ini Bisa Merugikan Peluang Kamu sebagai Calon Penerima KIP Kuliah 2024

Kamu juga harus tau mengenai kreteria penerima KIP Kuliah yang di prioritaskan untuk mendapatkan bantuan program bantuan dana dari pemerintah.

Karena KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi namun masih terkendala biaya.

Kamu juga harus mengetahui mengenai beberapa prioritas dalam calon penerimaan bantuan program KIP kuliah 2024, antara lain:

Prioritas 1 : Pemegang KIP Dikdasmen

Prioritas 2 : Penerima PKH/BPTNT/KKS

Kategori :