Susu Formula Bukan Pilihan Utama untuk Balita, Mom Uung: Berikan Asupan Gizi yang Cukup

Selasa 05-12-2023,19:31 WIB
Reporter : Fitri Handayani
Editor : Fitri Handayani

OKINEWS. CO  -  Susu formula, bukanlah kunci utama untuk tumbuh kembang anak yang sehat. Banyak anak tumbuh sehat tanpa meminum susu formula.

Susu formula adalah alternatif sumber nutrisi yang dirancang untuk memberikan gizi yang penting kepada bayi atau balita jika ASI (Air Susu Ibu) tidak tersedia atau tidak memungkinkan.

Selain gizi baik balita yang mengkonsumsi susu formula juga memiliki gizi lebih disbanding balita yang tidak mengkonsumsinya.

Dalam beberapa sumber mengenai kesehatan nutrisi anak menyebutkan adanya peningkatan risiko gizi lebih pada bayi yang diberikan susu formula daripada yang diberi ASI.

BACA JUGA:Kendalikan Diabetes dengan 4 Obat Herbal Alami Ini

Selain kaya protein dan kalsium, susu formula juga mengandung lemak, vitamin, serta nutrisi lain yang dapat memberikan asupan energi agar si Kecil lebih aktif sepanjang hari.

Manfaat minum susu formula setiap hari bagi si kecil ternyata tidak hanya untuk mendukung pertumbuhan tulang dan tinggi badan anak, 

Mengkonsumsi susu formula juga dapat meningkatkan imunitas, berperan penting dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak khususnya pada anak dibawah umur 5 tahun.

Tapi belum lama ini Mom Uung, sosok di balik Asi Booster, membongkar mitos susu formula yang telah menggeparkan pola makan yang telah dipercaya para Ibu diseluruh dunia.

BACA JUGA:Waspada! Singapura Alami Lonjakan Kasus Covid-19 hingga Dua Kali Lipat, Apa Penyebabnya?

“Susu formula, bukanlah kunci utama untuk tumbuh kembang anak yang sehat. Banyak anak tumbuh sehat tanpa meminumnya" ujar Uung dalam podcast Dokter Richard lee pada 13 Oktober 2023 lalu.

Sekarang, semakin banyak orang yang bertanya-tanya apakah susu formula benar-benar dibutuhkan oleh balita.

Sebagian besar orang tua di seluruh dunia tidak mengonsumsikan susu formula untuk balita setelah berhenti dari ASI, tetapi masih menerima cukup nutrisi.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah balita benar-benar perlu susu formula setelah ASI? Yuk simak penjelasannya di artikel ini.

BACA JUGA:Simak 3 Cara Ampuh Hilangkan Insomnia, Kurang 1 Menit Dijamin Anda Tertidur Lelap

Kategori :

Terpopuler