Kenali Umur Mesin Mobil, Aspek Hingga Umur untuk Menggatinya! Temukan Cara Merawat Kendaraan dengan Baik

Kenali Umur Mesin Mobil, Aspek Hingga Umur untuk Menggatinya! Temukan Cara Merawat Kendaraan dengan Baik

Kenali cara untuk meningkatkan kinerja kendaraan anda lebih optimal--

Namun, jika menggunakan oli mesin berkualitas bagus, penggantiannya bisa dilakukan setiap 1 tahun atau 10.000 kilometer.

2. Tune up

Biasanya, tune up dilakukan satu tahun sekali atau berdasarkan jarak tempuh mobil melakukan tune up mobil dilakukan setahun sekali jika mobil sudah mencapai lebih dari 120.000 km.

BACA JUGA:12 Merek Mobil Terbaru yang Diprediksi Akan Masuk ke Indonesia di Tahun 2024

Namun, tune up juga bisa dilakukan ketika mesin mobil mengalami penurunan performa, konsumsi bensin lebih boros, dan suara mesin kasar.

Waktu yang tepat untuk melakukan tune up mobil tergantung pada faktor-faktor seperti usia mobil, jarak tempuh, kondisi penggunaan, dan rekomendasi pabrikan.

3. Overhaul

Overhaul atau turun mesin biasanya dilakukan setiap 50.000–60.000 kilometer tapi ada juga yang menyarankan untuk melakukan overhaul pada jarak tempuh 200.000 kilometer.

Namun, kapan sebaiknya melakukan overhaul bergantung pada mesin atau komponen yang akan diperbaiki.

BACA JUGA:Mobil Milenial Banget!Resmi Masuk Indonesia Kia Picanto GT Line 2024, Lengkap dengan Bocoran hargannya

Overhaul dilakukan setelah mesin atau komponen telah digunakan selama jangka waktu tertentu atau setelah adanya tanda-tanda kerusakan. 

4. Engine mounting

Teknisi kendaraan menyarankan untuk mulai mempertimbangkan penggantian engine mounting setelah mobil menempuh jarak 50.000–60.000 kilometer.

Engine mounting juga memiliki masa pakai sekitar 3–4 tahun setelah itu, karet pada engine mounting akan mengeras dan getas sehingga tidak mampu meredam getaran mesin mobil.

BACA JUGA:Siap Rilis 2024 di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Bocoran Harga Toyota Prius Generasi Kelima di Sini!

Sumber: