Kenali Jenis Kaktus Yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

Kenali  Jenis Kaktus Yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

Kaktus Barel, salahsatu jenis kaktus cocok untuk indoor, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Di tengah tren memelihara tanaman hias, kaktus merupakan salah satu tanaman hias populer yang banyak diminati. Untuk lingkungan dengan iklim lebih panas dan kering, kaktus menjadi pilihan tepat jika ingin merawat tanaman hias. Sebab, tanaman gurun ini menyukai udara kering dan suhu ruangan rata-rata.

Meski paparan sinar matahari penuh diperlukan untuk kesehatan kaktus, banyak spesies dapat bertahan hanya dalam tiga jam sehari dan pencahayaan tambahan dapat membantu kaktus yang hidup di dalam ruangan kurang pencahayaan.

BACA JUGA:Kecantikan Bunga Aglonema Yang Jadi Rebutan, Pantas Harganya Tinggi

BACA JUGA:Mengenal 4 Jenis Alocasia, Tanaman Cantik Penghias Rumah

Selain pencahayaan yang memadai, tanah yang memiliki drainase baik adalah kunci sukses merawat tanaman ini. Tanaman sukulen dengan ciri khas berduri ini fleksibel ditempatkan di mana saja, termasuk dalam ruangan (indoor).

Jenis kaktus indoor pun beragam dan punya bentuk menarik yang bisa difungsikan sebagai dekorasi. Selain itu, kaktus membutuhkan sedikit perawatan ketimbang tanaman hias lainnya. Asalkan diberi banyak cahaya, mereka akan hidup. Bahkan beberapa di antaranya memekarkan bunga setiap tahun, dengan beragam corak warna yang menarik.

BACA JUGA:Simak Tanaman Hias Yang Tak Perlu Disiram Setiap Hari

BACA JUGA:Selain Indah, 4 Jenis Tanaman Hias Ini Dapat Dijadikan Pagar Rumah

Berikut 5 jenis kaktus indoor yang bisa disimpan di dalam ruangan sebagai tanaman hias untuk mempercantik sudut rumah dirangkum  dari berbagai sumber :

1. Pencil Cactus (Patah Tulang)

Pencil Cactus atau kaktus patah tulang adalah salahsatu jenis tanaman kaktus yang paling populer untuk ditanam di dalam ruangan (indoor). Tanaman ini memiliki batang yang berbentuk seperti pensil yang berduri dan berdaun tipis.

Batangnya dapat tumbuh hingga 30 cm panjang dan dapat bertahan hingga lima tahun. Pencil Cactus dapat tumbuh dengan cahaya matahari atau cahaya buatan, tetapi ia membutuhkan banyak air.

2. Barrel Cactus

Barel Cactus merupakan jenis kaktus yang mudah dalam perawatan dan bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki bentuk bulat dan memiliki banyak duri yang berwarna merah tua.

Barrel Cactus dapat tumbuh dengan tinggi hingga satu meter dan bertahan hingga enam tahun. Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari langsung dan perawatan yang minimum.

Kaktus ini ditutupi dengan duri panjang dan kaku yang melindungi bagian tubuhnya. Dapat memiliki ketinggian maksimal hingga 10 kaki saat tumbuh di luar ruangan, kaktus barrel bisa hidup selama beberapa dekade. 

Sebagai tanaman indoor, kaktus barel sangat membutuhkan sinar matahari sebanyak yang dan sedikit irigasi, ditambah campuran pot berpasir. Hindari melakukan penyiraman dengan berlebih, karena kaktus ini hanya butuh penyiraman ketika tanah mengering. 

3. Rat Tail Cactus 

Jika di dalam ruangan tidak memiliki lahan luas,  bisa mempertimbangkan merawat rat tail cactus atau kaktus ekor tupai karena bisa ditanam dalam pot gantung. Jika tumbuh dengan baik, kaktus ini akan memiliki bunga berwarna magenta yang mekar. Pilih keranjang gantung berukuran besar karena kaktus ini memiliki pertumbuhan yang cepat. 

Untuk tumbuh dengan baik, letakkan kaktus ini di tempat yang memiliki paparan sinar matahari langsung dan siram secara teratur jika tanah terasa mengering. 

4. Star Cactus

Star Cactus merupakan jenis kaktus yang memiliki bentuk bintang. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau dan berduri.

Star Cactus dapat tumbuh hingga satu meter tinggi dan bertahan hingga enam tahun. Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari langsung, lebih baik letakkan tanaman ini didekat jendela.

5. Espostoa Lanata

Espostoa Lanata yang juga kerap disebut kaktus Orang Tua. Jenis kaktus dalam ruangan ini berbentuk kolom dengan bulu lebat yang hangat dapat beradaptasi dengan baik di daratan tinggi.

Kaktus Orang Tua memilki habitat asli dari kawasan Ekuador Selatan hingga Peru Utara dan juga lereng barat Pegunungan Andes, sehingga kaktus ini dapat bertahan di dataran tinggi.

Bulu putih pada kaktus ini menjadi daya tarik sebagai tanaman hias. Namun, sebagian besar tanaman ini tidak tumbuh dengan baik di dalam pot, sehingga memiliki keterbatasan saat tumbuh dan berbunga.

Kaktus ini membutuhkan tempat yang cerah dan tanah yang kering. Saat musim panas, kaktus ini memerlukan pupuk dan air agar tetap hidup.

Jenis-jenis kaktus indoor di atas dapat menjadi referensi untuk memulai merawat kaktus.

Menambahkan kaktus sebagai tanaman hias di rumah dapat menghadirkan suasana yang tenang dan nyaman. Menyimpan kaktus di dalam ruangan dapat memberikan oksigen dan menyerap polusi di dalam ruangan (*)

 

 

Sumber: