Perlu Diketahui Berikut Tanaman Hias Penyerap Alami Kelembaban di Rumah

Perlu Diketahui Berikut Tanaman Hias Penyerap Alami Kelembaban  di  Rumah

Peace Lily, tanaman hias yang menyerap kelembaban di rumah, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Selain berfungsi menambah keindahan di rumah, tanaman hias juga berfungsi menyerap kelembaban di dalam rumah. Kelembaban di rumah adalah masalah umum yang dialami banyak orang. selain menyebabkan kerusakan dinding dan langit-langit, ruangan yang lembab dapat menyebabkan jamur.

Kelembapan tinggi pada rumah tak hanya membuat udara menjadi tak segar, tetapi juga meningkatkan resiko masalah kesehatan pada penghuni rumah. Udara yang lembab seringkali mengundang hama dan jamur untuk tumbuh dan berkembang biak sehingga udara menjadi pengap dan apek.

Namun jangan khawatir. Ada cara alami mengurangi kelembaban di rumah yakni dengan cara menempatkan tanaman hias di ruangan. Tanaman hias ini dapat hidup dalam kondisi lembap yang tinggi seperti di kamar mandi ataupun di kamar tidur. 

Berikut  rekomendasi tanaman hias yang dapat menyerap kelembaban secara alami di rumah yang dirangkum  dari berbagai sumber :

BACA JUGA:Perhatikan Cara Merawat Tanaman Hias Janda Bolong Hasilnya Tumbuh Subur

BACA JUGA:Yuk Simak Tanaman Hias Merambat Untuk Dekorasi Rumah Yang Menyejukkan

1. Spider Plant

 Tentu sudah tidak asing dengan tanaman yang cukup populer sebagai tanaman hias indoor ini. Spider plant atau tanaman hias yang menyerupai kaki laba-laba ini sangat mudah beradaptasi pada kondisi apapun dan termasuk yang mudah tumbuh.

Tanaman ini dapat menyerap kelembaban lingkungan, sehingga sangat ideal untuk di rumah. Ia mampu menghilangkan racun udara rumah tangga biasa seperti formaldehida dan xilena. Juga menghilangkan hingga 90% polutan udara berbahaya di dalam rumah. 

Dengan banyaknya manfaat dan perawatan yang mudah tidak perlu berfikir dua kali untuk menanam tanaman ini. Dari segi perawatan spider plant termasuk mudah. Hanya perlu menyiramnya 2-3 kali dalam seminggu.

2. Peace Lily

Peace lily merupakan jenis tanaman hias indoor yang memiliki daun mengkilap serta berbunga putih. Tanaman peace lily ini bisa membawa banyak air dari akar ke daun yang kemudian melepaskan kelembapan kembali ke udara dalam ruangan.

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Hias di Kamar Bikin Tidur Lebih Nyenyak

BACA JUGA:Mengenal Tanaman Hias Yang Tak Perlu Disiram Tiap Hari

Karakter peace lily sangat sensitif apabila terkena sinar matahari secara langsung sehingga cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Perawatan peace lily pun sangat mudah karena  tidak perlu sering menyiramnya yang justru bisa membuat bunga lili jadi layu.

3. Lidah Buaya

Tanaman hias yang bisa serap lembap di dalam rumah selanjutnya adalah lidah buaya. Tumbuhan ini sangat menyukai tempat teduh dan minim sinar matahari.

Meskipun suka dengan tempat lembap,  tetap harus memperhatikan tata letaknya jangan sampai pot lidah buaya tergenang air. Genangan air yang terperangkap masuk ke dalam pot Aloe vera bisa merusak pertumbuhannya dan menyebabkan batang busuk.

4. Palem

Tanaman palem tumbuh di daerah tropis yang lembab dan ia akan menyerap kelembapan disekitarnya melalui daunnya. Tanaman palem akan menyerap kelembaban melalui daunnya.

Ada banyak jenis palem yang bisa ditanam sebagai tanaman hias seperti lady palm, pohon pinang atau palem bambu yang semuanya bermanfaat untuk memurnikan udara. 

Namun yang paling ideal jika dibandingkan dengan jenis lain adalah palem alang-alang karena dapat bertahan dalam cahaya rendah dan dapat tumbuh di dalam ruangan.

5. Lidah Mertua

Sama seperti lidah buaya, Sansevieria atau lidah mertua juga masuk kategori tanaman hias yang toleransi pada ruang redup bersuhu lembap seperti di kamar mandi.

Selain membuat suasana kamar mandi menjadi lebih sejuk dan asri, pertumbuhan tanaman lidah mertua ini tidak memakan banyak tempat karena ia akan tumbuh ke atas.

Meskipun diletakkan di kamar mandi, pastikan tempatnya tidak dekat dengan keran air yang berpotensi membuat tanahnya basah. Walau ramah pada suhu ruangan lembap, tanaman lidah mertua tetap kurang menyukai kondisi tanah basah. Sehingga pastikan tidak ada air yang menggenang di pot nya.

Namun tanaman lidah mertua juga bisa ditempatkan di ruangan lain dalam rumah seperti ruang tamu ataupun kamar tidur. Hal ini untuk menjaga oksigen dalam ruangan tetap terjaga bersih. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: