Ulasan Apple MacBook Air M3 15 Inci Untuk Meningkatkan Produktivitas Bersama AI, Intip Spesifikasi dan Harga

Ulasan Apple MacBook Air M3 15 Inci Untuk Meningkatkan Produktivitas Bersama AI, Intip Spesifikasi dan Harga

Spesifikasi dan harga laptop MacBook Air M3 15 Inci.--

SUMEKS.CO- Apple MacBook Air M3 memiliki chip yang menawarkan Neural Engine yang lebih cepat dan efisien dengan 16 core untuk meningkatkan produktivitas dalam tugas-tugas AI.

Ucapan ke teks secara real-time, terjemahan bahasa, prediksi teks, fitur aksesibilitas, dan tugas lain seperti menghapus latar belakang video di CapCut dapat dikerjakan berkat teknologi AI.

Bahkan untuk video media sosial bergaya layar hijau semuanya lebih cepat, menurut pengujian internal Apple, mesin saraf di M3 MacBook Air menawarkan peningkatan kinerja sebesar 60% dibandingkan M2 MacBook Air.

Ketika menggunakan fitur "Denoise" misalnya, yang didukung AI dari Adobe Lightroom sebagai pengujian di dunia nyata yang dapat memproses foto produk dengan cepat.

BACA JUGA:Laptop Gaming Buatan dalam Negeri, Axioo Pongo 760 V2 Bisa Setting 'Rata Kanan'

BACA JUGA:Laptop Gaming Harga Miring Axioo Pongo 760 V2, Harganya Cuma Segini tapi Speknya Kok?


MacBook terbaru ini telah dipasangkan dengan prosesor M3 baru yang diumumkan Apple pada musim gugur lalu dan meneruskannya ke jalur yang lebih mumpuni dan lebih profesional.--

Sehingga pemakaian fitur ini benar-benar memberikan penghematan waktu serta dapat menghasilkan peningkatan produktivitas yang nyata.

Dan tentu saja, M3 MacBook Air berkinerja sangat baik di benchmark Cinebench, dibandingkan dengan pendahulunya M2.

Pengguna juga dapat menonton film, mengunduh file besar dari cloud, dan menjelajah internet lebih cepat dengan WiFi 6E yang kini disertakan.

Namun demikian, jika ingin membeli atau upgrade ke M3, maka calon pembeli harus memilih dengan kapasitas RAM 16  dan penyimpanan 512GB untuk kecepatan yang dapat diandalkan, terlebih ini adalah MacBook yang memiliki banyak fitur AI.

BACA JUGA:Lenovo IdeaPad Slim 5, Laptop dengan Spek Menawan untuk Para Karyawan Gaji UMR!

BACA JUGA:Asus Zenbook S13 OLED Generasi Baru Resmi Meluncur di Indonesia, Laptop AI Super Ramping!Begini Spesifikasinya


Macbook Air M3 15 Inci ini adalah laptop kelas atas yang dapat digunakan banyak orang untuk menangani semua pekerjaan mereka, terutama dengan fitur AI--

Dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB, M3 MacBook Air memang masih dapat bekerja dengan cukup baik untuk melakukan sebagian besar tugas saat ini, namun hal ini tidak terlalu tahan terhadap masa depan.

Pertimbangannya adalah, kebanyakan orang lebih suka menggunakan laptop setidaknya selama 3-4 tahun sebelum menggantinya, itulah mengapa tidak direkomendasikan penyimpanan minim karena akan membatasi umur panjang mesin.

Semua tahu bahwa perangkat seharusnya memiliki daya tahan dan kinerja yang baik. Setidaknya hingga 5 tahun jika diisi dengan memori dan penyimpanan yang cukup.

Pada pandangan pertama, mungkin tampak aneh bahwa Apple merilis jajaran M3 MacBook Air yang ditingkatkan hanya sembilan bulan setelah versi M2 15 inci pertama kali diluncurkan di Apple WWDC pada Juni 2023.

BACA JUGA:Lenovo Legion 5 Pro: Laptop Gaming Spek Sadis dengan Performa Gahar, Cek Harganya di Sini!

BACA JUGA:Kenali Penyebab Laptop Overheating dan Tips Mengatasinya


Tampilan MacBook Air M3 15 Inci dalam keadaan terbuka.--

Tapi, ini adalah hal yang bagus. Khususnya untuk model MacBook Air 15 inci, ini merupakan peningkatan bertahap yang menjadikan model tersebut selalu terbarui.

Apalagi MacBook terbaru ini telah dipasangkan dengan prosesor M3 baru yang diumumkan Apple pada musim gugur lalu dan meneruskannya ke jalur yang lebih mumpuni dan lebih profesional.

Dan memang Macbook M3 15 Inci ini adalah laptop kelas atas yang dapat digunakan banyak orang untuk menangani semua pekerjaan mereka.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jajaran M3 sepertinya dibuat khusus untuk menangani beban kerja AI.

BACA JUGA:5 Cara Mudah untuk Mengatasi Kinerja Laptop yang Lemot Tanpa Service!

BACA JUGA:Review Lenovo Legion Slim 5: Laptop Gaming Terbaik untuk Melibas Game Berat! Harganya Cuma Segini

Apalagi dengan isyarat terbuka dari Tim Cook bahwa perusahaan tersebut sedang bersiap untuk meluncurkan fitur AI generatif akhir tahun ini.

Selanjutnya beralih ke sisi perangkat keras. Mereka menyatakan CPU menggunakan 4 core berkinerja tinggi dan 4 core berefisiensi tinggi untuk menghasilkan kinerja 20 persen lebih cepat dibandingkan M2 , dan 35 persen lebih cepat dibandingkan M1.

Perlu diketahui bahwa sebetulnya ini bukanlah lompatan besar seperti lompatan dari berbasis Intel ke M1, namun tetap saja ini signifikan.

GPU ini memiliki hingga 10 core dan arsitektur GPU generasi berikutnya dengan Dynamic Caching serta mesh shading dan ray tracing yang dipercepat perangkat keras.

BACA JUGA:Lenovo IdeaPad Slim 5: Laptop Kantoran yang Cocok untuk Karyawan Gaji UMR, Begini Spesifikasinya!

BACA JUGA:Huawei MateBook D14 2024 Resmi Hadir di Indonesia: Laptop Berkualitas dengan Performa Unggul

Ini sangat berguna ketika bermain game, namun secara keseluruhan, Apple mengatakan ini memberikan grafis hingga 20 persen lebih cepat dibandingkan M2, dan performa grafis hingga 65 persen lebih cepat dibandingkan M1.

Kualitas build adalah yang terbaik dan tidak ada kelenturan pada sasis atau penutup yang masih dapat dibuka dengan satu tangan.

Trackpad dan keyboardnya masih sama dari tahun lalu dan keduanya tetap nyaman digunakan.

Kemudian tombolnya memiliki jumlah jarak yang tepat dan menghilangkan susunan kupu-kupu pada model berbasis Intel beberapa tahun lalu. Ia masih dilengkapi 12 tombol fungsi tinggi penuh dan 4 tombol panah dalam pengaturan T terbalik.

BACA JUGA:Spesifikasi ASUS Zenbook 14 OLED, Laptop Super Ringan dan Elegan

BACA JUGA:ASUS ROG Zephyrus G14 2024: Solusi Laptop Gaming Profesional! Begini Spesifikasi Bikin Ngilernya

Di bawah dek dan keyboard terdapat rangkaian 6 speaker pada model 15 inci yang juga memanfaatkan woofer peredam paksa.

Serunya, pengaturan 6 speaker ini terdengar bagus dan penambahan/dukungan Audio Spasial dalam musik atau video dengan Dolby Atmos membuat perbedaan besar.

Macbook M3 ini memiliki layar Liquid Retina mencakup 100 persen spektrum SRGB, 84 persen AdobeRGB, dan 95 persen P3 dan kecerahan ditandai pada 500 nits.

Pengguna juga akan menemukan teknologi ProMotion di MacBook Pro yang menghasilkan tampilan lebih cepat dengan kecepatan refresh adaptif hingga 120Hz. Pasti menyenangkan melihat kecepatan refresh 120hz hadir di Air.

BACA JUGA:Laptop Dua Layar: Asus ZenBook Duo UX8406 Resmi Masuk Indonesia, Segini Harganya!

BACA JUGA:MacBook Air M3: Laptop Spek Sadis dengan Chipset Terbaru, Kira-kira Berapa Harganya?

Ada juga notch kontroversial di bagian atas layar MacBook Air yang menampung kamera FaceTime HD 1080p.

Selain itu juga ditemukan konektor pengisi daya MagSafe yang kembali hadir dengan model baru dan Pengguna masih mendapatkan pilihan adaptor daya: Port USB-C Ganda 35W atau USB-C Tunggal 70W.

Daya tahan baterai ditandai hingga 15 jam saat menjelajah internet atau hingga 18 jam saat menonton video di aplikasi Apple TV.

Setelah Pengguna menghabiskan baterai tersebut, hanha diperlukan waktu sekitar 28-34 menit untuk mengisi ulang hingga 50 persen menggunakan adaptor daya 70W.

BACA JUGA:Tren Laptop AI: Tecno Resmi Meluncurkan Megabook T16 Pro 2024 Ultra, Begini Spesifikasinya!

BACA JUGA:Asus The Ultimate Force Laptop Gaming Performa Tangguh dengan Tensor Core & Streaming Core Terbaik di Kelasnya

Untuk harganya Apple MacBook Air M3 15 Inci dapat dibandrol dengan kisaran harga Rp30 jutaan.

Sumber: