Kumpulan Do’a yang Penting Diamalkan Selama Ramadhan, Amalan Khusus Agar Istiqomah di Bulan Berkah

Kumpulan Do’a yang Penting Diamalkan Selama Ramadhan, Amalan Khusus Agar Istiqomah di Bulan Berkah

Do’a yang Penting Diamalkan Selama Ramadhan--

OKINEWS. CO - Kumpulan do’a yang penting diamalkan selama Ramadhan, amalan khusus agar istiqomah di bulan berkah.

Selama Ramadhan, umat islam berkesempatan mendapatkan pahala berlipatganda atas amal kebaikan sekecil apapun sehingga jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut.

Berikut ini adalah kumpulan do’a yang penting untuk diamalkan selama bulan ramadhan dan menjadi amalan khusus agar tetap istiqomah di bulan yang penuh berkah.

1. Do’a Setelah Shalat Dhuha

Doa pertama saat bulan Ramadhan yang biasa diamalkan ialah do’a yang dapat dibaca setelah melaksanakan shalat dhuha serta ganjaran shalat sunnah ini pun sangat besar.

Lafadz do’a setelah melakukan shalat dhuha pada bulan Ramadhan,

“Allahummaghfirlii, watub ‘alayya innaka antat tawwaaburrahiim”

Yang artinya, “Ya allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang” HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad,no.619.

Keutamaan shalat dhuha ini disebutkan dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang mengerjakan shalat dhuha dua belas rakaat, Allah SWT akan mengampuni dosanya meskipun sebanyak buih di lautan."

Selanjutnya dari Abu Darda’ ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW berkata: "Allah ta`ala berkata: “Wahai anak Adam, shalatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal hari, maka Aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya.”

Tidak hanya itu, dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala,”.

2. Do’a Ketika Berbuka Puasa

Sumber: