GRATIS! Begini Cara Daftar Sertifikat Halal Lewat Program SEHATI, PKL dan Pelaku UMKM Wajib Tau!

GRATIS! Begini Cara Daftar Sertifikat Halal Lewat Program SEHATI, PKL dan Pelaku UMKM Wajib Tau!

Cara Daftar Sertifikat Halal Lewat Program SEHATI--

OKINEWS.CO – Melalui program SEHATI, kini pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku UMKM bisa daftar sertifikat halal secara gratis tanpa pungutan biaya sepeserpun. 

Melalui pemerintah, per 17 Oktober 2024 mendatang mewajibkan seluruh produk makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku UMKM memiliki sertifikat halal. 

Jika pada batas waktu dan tanggal yang telah ditentukan PKL dan pelaku UMKM belum juga memiliki sertifikat halal, maka akan dikenakan sanksi administratif. 

Aturan wajib memiliki sertifikat halal ini tak hanya berlaku untuk PKL dan pelaku UMKM saja, tetapi juga untuk pedagang gerobak, pedagang pikul, pedagang keliling, dan pelaku usaha dari dalam ataupun luar negeri. 

BACA JUGA:RESMI! Pedagang Kaki Lima dan UMKM Wajib Bersertifikat Halal, Begini Cara Mendapatkannya!

Aturan ini bahkan sudah dimuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. 

Bagi PKl dan pelaku UMKM, tak perlu khawatir karena kini mengurus sertifikat halal bisa dilakukan melalui program SEHATI. 

Siti Aminah selaku Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menjelaskan jika proses mendapatkan sertifikat halal produk bisa dilakukan secara gratis melalui program SEHATI. 

Syarat dan Cara Daftar Sertifikat Halal Melalui Program SEHATI, Dijamin Gratis!

Syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut: 

BACA JUGA:Cukup Pakai HP, Begini Cara Cek TPS dan DPT Pemilu 2024, Simak Panduan Lengkapnya!

• Nomor Induk Berusaha (NIB) jika tidak ada, bisa diganti dengan NPWP, surat izin usaha, surat izin dagang, surat izin UMKM, atau surat izin usaha industri.

• Fotokopi KTP pemilik usaha atau dagangan 

• Daftar Riwayat hidup 

Sumber: