7 Strategi Pengembangan UMKM di Era Digital, Wajib Kamu Terapkan!

7 Strategi Pengembangan UMKM di Era Digital, Wajib Kamu Terapkan!

7 Strategi Pengembangan UMKM di Era Digital--

OKINEWS.CO – Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat para pelaku UMKM dituntut untuk tetap mempertahankan bisnisnya di era digital menggunakan strategi pengembangan UMKM yang tepat. 

Di era digital seperti saat ini, mengembangkan bisnis UMKM tanpa strategi cukup sulit. 

Itulah sebabnya penting untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM di era digital agar pelaku UMKM mampu bersaing. 

Banyaknya pelaku UMKM saat ini bisa dikatakan berkat sosial media dan beberapa platform untuk menunjang bisnis agar lebih laku. 

BACA JUGA:7 Strategi Pengembangan UMKM di Era Digital, Wajib Kamu Terapkan!

Selain sosial media dan platform e-commerce, peran strategi pengembangan UMKM di era digital juga tak lepas dari kesuksesan pelaku UMKM. 

Itulah sebabnya sangat penting bagi para pelaku UMKM untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM agar lebih banyak dikenal konsumen. 

Lantas, apa saja strategi pengembangan UMKM tersebut? Simak selengkapnya sebagai berikut! 

1. Ketahui Kebutuhan Pasar

Setiap pelaku UMKM wajib mengetahui kebutuhan konsumen atau pasar agar produk yang dijual tepat sasaran. 

BACA JUGA:Mengenal Vending Machine BUMN yang Menjadi Peluang Bisnis UMKM di Era Digital, Ini Syarat Bergabung

Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara mengamati tren yang sedang ramai di sosial media. 

Dengan mengikuti kebutuhan pasar, dijamin bisnis UMKM kamu akan membawa kesuksesan karena banyak permintaan.

2. Manfaatkan Sosial Media 

Sumber: