Sambut Musim Panen Duku, Kerajinan Kotak Kayu di OKI Ramai Dipesan hingga ke Luar Kota

Sambut Musim Panen Duku, Kerajinan Kotak Kayu di OKI Ramai Dipesan hingga ke Luar Kota

Kerajinan Kotak Kayu di OKI Ramai Dipesan hingga ke Luar Kota --

OKINEWS.CO – Memasuki musim panen duku di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang akan terjadi di bulan Maret dan April mendatang, warga setempat mulai memproduksi kerajinan kotak kayu duku untuk pembeli dari luar kota. 

Pembuatan kerajinan kotak kayu duku di OKI ini mulai dilakukan oleh sejumlah masyarakat di Desa setempat, tepatnya di Kecamatan Kayuagung

Kegiatan pembuatan kerajinan kotak kayu di OKI banyak dilakukan di Desa Tanjung Serang dan Tanjung Menang, di Kecamatan Kayuagung. 

Pemesan kerajinan kotak kayu duku dari OKI bukan hanya berasal dari OKI saja, melainkan juga dari luar kota seperti Jambi. 

BACA JUGA:Setelah Sholat Dhuha, Amalkan Doa Ini Agar Rezeki Semakin Berlimpah

Bahkan kegiatan pembuatan kerajinan kotak duku ini sudah dimulai sejak pagi oleh sejumlah ibu-ibu dan remaja putri setempat. 

Mutawal selaku salah satu pengrajin kotak duku dari Desa Tanjung Menang mengungkapkan jika pembuatan kerajinan kotak duku ini sudah dimulai sejak Januari 2024. 

Pembuatan kerajinan ini dilakukan untuk menyambut musim panen duku di OKI yang akan terjadi pada bulan Maret dan April mendatang. 

Untuk saat ini pengrajin kotak duku berhasil membuat sebanyak 3.000 kotak duku untuk menyambut musim panen duku sebentar lagi. 

BACA JUGA:Banjir Dukungan dari Muba, Apriyadi: Saya Akan Fokus Kerja!

“Harga jual kotak duku berkisar Rp7 ribu hingga Rp13 ribu per kotak. Harganya bervariasi, tetapi untuk sekarang masih dikisaran harga Rp7-8 ribu per kotak,” ungkapnya. 

Tapi memasuki musim panen duku nanti harga jual kotak duku bisa dijual mulai dari Rp10 ribu hingga Rp13 ribu per kotaknya. 

Diketahui bahan untuk membuat kerajinan kotak kayu bermacam-macam, mulai dari Plawi hingga Kelampaian yang masih banyak tersedia di beberapa Desa, jadi tak sulit mendapatkannya. 

Lebih lanjut, Mutawal juga mengungkap jika bahan baku pembuatan kerajinan kotak duku ini ditanam sendiri oleh masyarakat setempat. 

Sumber: