Takut Tertipu? Simak 11 Tips Aman Belanja Online agar Terhindar dari Penipuan

Takut Tertipu? Simak 11 Tips Aman Belanja Online agar Terhindar dari Penipuan

Tips Aman Belanja Online agar Terhindar dari Penipuan--

OKINEWS.CO - Belanja online telah menjadi budaya di tengah masyarakat karena kepraktisannya. Namun, tak sedikit yang kerap mengalami penipuan karena tingkat keamanan yang kurang terjamin. Berikut 11 tips aman Belanja online agar terhindar dari penipuan.

Saat ini, perkembangan dunia digital telah meningkat secara pesat, hal ini tentu saja menghadirkan berbagai budaya baru di tengah masyarakat. 

Salah satunya yaitu kebiasaan masyarakat dalam berbelanja, jika sebelumnya kita berbelanja dengan mengunjungi toko atau pasar secara langsung, kini kegiatan tersebut bisa dilakukan secara online melalui berbagai marketplace yang tersedia. 

Dengan hadirnya marketplace, masyarakat kini dimanjakan untuk dapat berbelanja online dengan segala promo dan diskon yang ada. 

BACA JUGA:Siap Melenggang dengan Sertifikasi FCC, Begini Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy A35 5G, Speknya Mantap!

Namun, dibalik semua kemudahan yang diberikan, belanja online ternyata menimbulkan kecemasan baru seperti penipuan atau barang yang dibeli tidak sesuai. 

Untuk itu, berikut tips aman belanja online agar terhindar dari penipuan. 

1. Pilih Aplikasi Marketplace yang Terpercaya

Buat yang masih pemula dalam belanja online, sebaiknya pilih marketplace yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. 

BACA JUGA:Siapkan Modal! Simak Rekomendasi Investasi Pendulang Cuan di Tahun 2024, Investor Wajib Tau

Di Indonesia, sudah ada banyak pilihan marketplace besar dan ternama yang tidak asing lagi di telinga masyarakat. 

Dengan melakukan transaksi belanja online di marketplace yang terpercaya, akan memberikan jaminan keamanan daripada bertransaksi di akun-akun media sosial yang belum terjamin keamanannya. 

Saat memilih marketplace, kamu bisa mempertimbangkannya dengan melihat jumlah penjualan, respon, rating, dan penilaian lainnya. 

2. Pilih Toko dengan Reputasi yang Baik 

Sumber: