Tertarik Nabung Saham? Yuk Kenali Keuntungan, Risiko, dan Strateginya, Investor Pemula Wajib Baca!

Kamis 18-01-2024,11:31 WIB
Reporter : Tia Rachmawati
Editor : Tia Rachmawati

OKINEWS.CO – Saham diartikan sebagai tanda keikutsertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan.

Dengan mengikutsertakan modal tersebut, maka pihak tersebut mempunyai hak atas pendapatan dan aset perusahaan, serta berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Di bursa atau dalam aktivitas perdagangan saham sehari-hari, harga saham umumnya mengalami fluktuasi, baik kenaikan maupun penurunan. 

Perubahan harga saham terjadi karena adanya permintaan dan penawaran terhadap saham tersebut. 

BACA JUGA:Yang Lagi Trend! Yuk Mulai Buat Capsule Wardrobe, Tetap Stylish dengan Konsep Minimalis

Permintaan dan penawaran terhadap suatu saham dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari faktor internal seperti kinerja perusahaan dan industri dimana perusahaan tersebut berada. 

Adapun faktor eksternal yang turut mempengaruhi seperti perkembangan tingkat suku bunga, inflasi, nilai tukar, dan faktor-faktor non ekonomi seperti kondisi sosial dan politik. 

Maka dari itu, khususnya untuk investor pemula wajib untuk mengetahui keuntungan, risiko, serta strategi dalam menabung saham. 

Keuntungan Menabung Saham

1. Mendapatkan Dividen

Dividen merupakan bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. 

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI 2024 Plafon Hingga Rp 200 Juta, Cicilan Cuma Rp3 Jutaan, Begini Langkah Pengajuannya!

Jumlah dividen akan diberikan diusulkan oleh Dewan Direksi Perusahaan dan disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

2. Capital Gain

Capital gain merupakan keuntungan yang didapat ketika investor menjual saham dengan harga yang lebih tinggi daripada harga belinya. 

Kategori :