Wajib Tahu! Mengapa Tidur Malam 8 Jam Penting dan Tidak Dapat Digantikan oleh Tidur Siang yang Lama

Sabtu 09-12-2023,13:28 WIB
Reporter : Fitri Handayani
Editor : Fitri Handayani

Tidur di malam hari adalah suatu regulasi yang teratur dan sudah terpola dengan baik. Karena beberapa hormon tertentu hanya muncul dan bekerja saat malam hari saja. 

Jika seseorang tidak tidur pada malam hari maka hormon pertumbuhan serta hormon imunitasnya tidak akan muncul, dan hormon ini tidak bisa digantikan saat kamu tidur saat siang hari. 

Kedua hormon tersebut hanya akan muncul saat malam hari sehingga ketika seseorang memiliki pola tidur yang terbalik yaitu tidur saat siang hari, pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuhnya akan terganggu. 

Tak heran jika kurang tidur malam, tubuh kamu mudah kelelahan dan rentan sakit.

BACA JUGA:Waspada! Singapura Alami Lonjakan Kasus Covid-19 hingga Dua Kali Lipat, Apa Penyebabnya?

Meskipun tidur siang lebih dari 90 menit mungkin memberikan manfaat bagi tidur nyenyak,tapi tetap aja tidak bisa menggatikan manfaat dari tidur pada malam hari.

Saat kita tidur pada malam hari, kita melewati beberapa siklus tidur sekitar 90 menit . 

Masing-masing terdiri dari empat tahap, dua tahap pertama dianggap sebagai tidur ringan, di mana otot-otot Anda rileks, suhu tubuh Anda turun, dan detak jantung serta pernapasan Anda melambat saat Anda tertidur.

Tahap ketiga, yang dikenal sebagai tidur nyenyak, adalah saat mata dan otot Anda rileks sepenuhnya dan tubuh Anda melakukan pekerjaan penting untuk memperbaiki dan membangun tulang, otot, dan jaringan lain, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengkonsolidasikan serta memproses ingatan. 

BACA JUGA:Kendalikan Diabetes dengan 4 Obat Herbal Alami Ini

Tahap terakhir dari siklus tidur. Tahap ini tidak sedalam tahap ketiga, namun tahap inilah yang paling memungkinkan Anda bermimpi dan dianggap terkait dengan pembelajaran, penyimpanan kenangan, dan pengaturan suasana hati.

peneliti pengobatan perilaku tidur di Johns Hopkins Medicine, adalah hal yang wajar jika sesekali mengalami kurang tidur di malam hari.

Namun jika Anda tidak secara konsisten melewati semua tahapan ini setiap malam, hal itu dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan. 

Dan tidur siang tidak dapat mengimbangi hal tersebut.

BACA JUGA:Sosok Bapak Ayub, Rela Kehujanan Membawa Jantung Pisang dan Ikan Kakap Demi Ditukar Dengan Mie Instan Supermi

Meskipun tidur beberapa jam di malam hari dan tidur siang di siang hari mungkin berjumlah total enam jam atau lebih,  manfaat kesehatan yang akan didapat tubuh kita tidak sama.

Kategori :