Simak 4 Jenis Tanaman Hias Sekaligus Berfungsi Sebagai Tanaman Herbal

Rabu 11-09-2024,09:03 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Beberapa waktu belakang,  tanaman hias kian menjadi tren di tengah pandemi. Tanaman hias digadang-gadang ampuh mengatasi stres saat harus lebih banyak berdiam di rumah.

Tidak hanya memiliki nilai estetik, ternyata beberapa tanaman hias diantaranya juga ada yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan tanaman itu mampu menjadi obat bagi penyakit tertentu.

Tanaman hias beragam jenisnya. Tanaman hias identik dengan bentuk yang cantik, daun yang menarik, dan bunga yang indah. Nah, tak cuma tanaman hias, tanaman herbal juga ada yang cantik dan menarik. 

Bagi yang ingin merawat tanaman hias bukan hanya sekadar mempercantik rumah, tanaman hias herbal bisa jadi pilihan. Dedaunan herbal dapat bermanfaat untuk obat dan bahan masakan. 

BACA JUGA:Cantik dan Kekinian, Ini 5 Jenis Tanaman Hias Jenis Tropis Yang Banyak Diminati

BACA JUGA:Yuk Kenali 4 Jenis Media Tanam Yang Cocok Untuk Tanaman Hias

Simak 4 jenis tanaman hias sekaligus berfungsi sebagai tanaman herbal dirangkum  dari berbagai sumber :

1. Lavender

Terkenal memiliki bunga berwarna ungu yang lembut dan cantik serta aromanya yang harum dan menenangkan, lavender menjadi tanaman hias aromatik yang bagus. 

Namun, aroma lavender tidak hanya menenangkan, tetapi juga membantu mengurangi depresi dan kecemasan. Penelitian menemukan bahwa aroma lavender dapat mengubah gelombang otak, membantu merilekskan tubuh, dan meningkatkan mood. 

Tambahkan minyak lavender dalam campuran air untuk mandi. Ini bisa membantu mengurangi stres dan insomnia.

2. Kemangi

Kamu bisa memilih kemangi dan meletakkannya di dalam pot dekat jendela yang menghadap ke arah sinar matahari, sebab tanaman hias herbal ini menyukai banyak sinar matahari dan hangat. Daun kemangi butuh banyak air untuk tumbuh. Pastikan tanahnya selalu lembap .Namun, jangan sampai jenuh air.

BACA JUGA:Mengenal 5 Jenis Tanaman Hias Dari Keluarga Talas

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tanaman Hias Yang Tahan Dengan Pencahayaan Minim

Sebagai pelengkap hidangan, kamu selalu bisa menambahkan kemangi segar di atas pizza, pasta, ratatouille, salad, maupun lalapan khas Sunda.

3. Basil

Salah satu tanaman herbal yang bisa dijadikan tanaman hias adalah basil. Tanaman ini juga memiliki wangi yang khas dan bisa ditanam di dalam rumah. 

Daunnya memiliki aroma khas yang sering dijadikan campuran dalam makanan seperti salad atau pasta. Basil juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. 

Beberapa manfaat basil adalah mengurangi stres, meningkatkan fungsi tulang dan hati, meningkatkan imunitas, dan memperbaiki pencernaan. 

4. Kucai

Bentuk kucai atau chives menyerupai bawang namun pada bagian tangkai yang paling ujung lebih panjang dan berwarna putih. Tanaman ini cukup bagus bila diletakkan di bawah sinar matahari penuh.

Daun kucai juga dapat dipakai sebagai rempah masakan dan penyedap aroma masakan, misalnya menaburkannya ke dalam sup atau salad. Selain sebagai rempah masakan, daun kucai juga memiliki beberapa kandungan zat penting dan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh, diantaranya vitamin C, K, E, dan asam folat.

Itulah beberapa tanaman herbal yang sekaligus bisa jadi tanaman hias di rumah. Cantik dan penuh manfaat!

 

 

 

 

 

Kategori :