Waspada Modus Penipuan Online! Begini Langkah Pencegahan Beserta Solusinya

Waspada Modus Penipuan Online! Begini Langkah Pencegahan Beserta Solusinya

Waspada Modus Penipuan Online! Begini Langkah Pencegahan Beserta Solusinya--

BACA JUGA:Hukum Belanja Pakai Paylater, Halal atau Haram? Begini Kata MUI!

  • Gunakan antivirus, firewall, dan perangkat lunak keamanan lainnya untuk melindungi komputer dan ponsel dari kejahatan siber. 
  • Hati-hati dalam menggunakan Wi-Fi di tempat umum, karena pelaku biasanya menduplikasi nama Wi-Fi asli yang biasa digunakan di tempat umum agar pengguna perangkat lain dapat terkoneksi dan pelaku dapat masuk dan mengakses data perangkat korban.
  • Gunakan kombinasi kata sandi yang kuat untuk menghindari pembobolan kata sandi. Hindari juga penggunaan satu kata sandi untuk semua akun untuk menghindari risiko kehilangan semua akun saat sandi tertebak oleh pelaku kejahatan.
  • Waspada jika ada yang meminta kode OTP melalui email, pesan teks, dan telepon dari pihak yang mengaku sebagai lembaga institusi resmi. 

BACA JUGA:Rumah Bekas vs Rumah KPR, Mana yang lebih baik? Cari Tau Jawabannya di Sini!

Solusi Apabila Mengalami Modus Penipuan Online

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu menghubungi call center aplikasi uang elektronik atau mobile banking terkait untuk pengaduan.

Selain itu, laporkan juga kepada pihak yang berwenang untuk melengkapi pelaporan dan penyidikan lebih lanjut, seperti pihak Kepolisian, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan instansi terkait lainnya. (*)

BACA JUGA:Siap-Siap! Pemerintah Bakal Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS dan PPPK 2024, Simak Bocoran Jadwalnya di Sini!

Sumber: