Fresh Graduate Merapat! Begini Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja, Siap-siap Banjir Panggilan Interview!

Fresh Graduate Merapat! Begini Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja, Siap-siap Banjir Panggilan Interview!

Siap-siap banjir interview! Berikut tips membuat CV Fresh graduate tanpa pengalaman kerja-Foto: Pinterest@maxiiharper-

OKINEWS.CO - CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen terpenting yang harus dipersiapkan dalam proses mencari pekerjaan. 

CV memuat informasi berupa pencapaian dan pengalaman yang telah dicapai selama ini. 

Namun, yang kerap jadi pertanyaan terutama bagi para fresh graduate adalah, bagaimana cara membuat CV tanpa pengalaman kerja

Tak perlu khawatir, meskipun tidak mempunyai pengalaman kerja yang banyak, ada banyak informasi penting yang bisa dicantumkan di CV. 

BACA JUGA:Bikin Hari Spesial Semakin Bermakna, Berikut 25+ Ucapan Selamat Hari Ibu Terbaru

Berikut tips membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja. 

1. Tuliskan Deskripsi Diri yang Menarik

Deskripsi diri adalah hal pertama yang akan dibaca oleh recruiter setelah nama dan informasi kontak. 

Bagian ini akan menjadi patokan apakah recruiter akan melanjutkan membaca CV tersebut atau berhenti sampai disitu, oleh karena itu pastikan untuk membuat CV yang menarik.

Mulailah dengan menulis kalimat pertama yang informatif, seperti “Saya adalah lulusan (jurusan dan nama universitas) dengan nilai IPK 3,50.”

BACA JUGA:Cek Sekarang! Begini Cara Mencairkan Bantuan BLT El Nino 2023 Rp400.000

Hindari menulis kalimat pembuka seperti “Halo, nama saya Tia. Saya mencari pekerjaan di segala bidang.” kalimat tersebut bersifat general dan tidak spesifik, sehingga tidak akan memberikan kesan kuat kepada recruiter. 

Sebaiknya, kamu menuliskan minat kerja secara spesifik serta kaitkan dengan bidang minat studi yang relevan dengan minat kerjamu. 

Contoh penulisannya seperti “Saya memiliki minat kerja di bidang Staff Administrasi, Customer Service, dan Marketing. Selama kuliah saya juga memiliki bidang minat studi mengenai administrasi, pelayanan, dan strategi marketing.” 

Sumber: