Mengenal Jenis Tanaman Paku Yang Dapat Dijadikan Tanaman Hias

Mengenal Jenis Tanaman Paku Yang Dapat Dijadikan Tanaman Hias

SUplir, salahsatu jenis tanaman hias yang banyak dicari. Foto: ist--

OKINEWS.CO - Tanaman paku merupakan salahsatu alternative tanaman hias yang dapat dijadikan penghias rumah. Tumbuhan paku atau nama latinnya Pteridophyta merupakan anggota dari kingdom Plantae. Tanaman ini memiliki struktur sama dengan tumbuhan lain seperti akar, batang, daun, hingga pembuluh untuk mengangkut nutrisi demi keperluan metabolisme. Pembuluh ini juga yang membuatnya disebut sebagai tumbuhan berpembuluh.

Tumbuhan ini terkenal bisa hidup meskipun hanya berupa tunas yang ditanam. Macam tumbuhan paku dikenal tak pernah menghasilkan biji untuk berkembang biak. Tumbuhan paku bereproduksi aseksualnya dengan spora. 

BACA JUGA:Manfaat Ampas Kopi Bagi Tanaman Hias

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Cocok Untuk Meja Kerja

Sejumlah tanaman yang masuk kelompok ini juga nampak indah dan bisa jadi pemanis hunian jika dipelihara. Sejumlah tanaman paku yang dapat dijadikan tanaman hias bisa jadi pilihan tanaman hias antar lain:

1. Suplir

Karakter daun-daun kecil rimbun dari tanaman suplir bisa menyejukkan mata pemiliknya. Bagi mereka yang tinggal di wilayah panas, keberadaan tanaman suplir bisa jadi obat penyejuk.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Tanaman Hias Cocok Untuk di Ruang Tamu

BACA JUGA:Tips Merawat Tanaman Hias Aglonema Agar Subur

Karena tanaman suplir sensitif terhadap perubahan suhu ekstrem, maka baiknya simpan suplir di teras-teras teduh, jangan biarkan tanaman suplir terpapar langsung udara bebas di mana perubahan suhu amat terasa.

2. Semanggi

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang amat cantik. Tanaman ini tergolong pada tanaman yang tumbuh di media tanam air, maka dari itu merawatnya dibutuhkan sedikit kesungguhan.

Selain sebagai pemanis hunian, daun semanggi juga dapat dikonsumsi. Karena keindahan dan manfaatnya, tanaman paku yang dapat dijadikan tanaman hias ini banyak diinginkan pegiat tanaman hias atau yang memiliki kebun di rumah.

3. Tanduk Rusa

Seperti namanya, tanaman ini memiliki daun yang menyerupai tanduk rusa, bercabang hingga membentuk bentuk daun yang indah. Tanaman ini cocok dipelihara mereka yang menyukai bentuk-bentuk unik.

Sama seperti tanaman paku lainnya yang bersifat aseksual, tanaman paku yang dapat dijadikan tanaman hias ini juga akan berkembang biak sendiri dengan spora di tubuhnya.

4. Paku Gunung

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman pakis paling umum dan populer dipelihara. Daun-daun kecil pada tanaman ini bisa jadi pemandangan yang mendamaikan hunian.

Meski memiliki reputasi mudah mati, namun panduan merawatnya tergolong mudah, yaitu jangan terpapar matahari langsung, tapi simpan di ruangan yang terang. Sebagian orang menyebut tanaman ini sebagai pakis pedang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: