Manfaat Ampas Kopi Bagi Tanaman Hias

Manfaat Ampas Kopi Bagi Tanaman Hias

Ampas Kopi sangat bermanfaat bagi tanaman hias untuk kesuburan. Foto:ist--

OKINEWS.CO - Tak banyak diketahu orang bahwa ampas kopi bermanfaat bagi tanaman hias. Padahal sering sekali ampas kopi ini dibuang setelah minum kopi. Beragam manfaat ampas kopi bisa digunakan bagi kesuburan tanaman hias. 

Berikut ini beberapa manfaat ampas kopi bagi tanaman hias yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Campuran Pupuk Kompos

Ampas kopi dapat dicampur dengan bahan lainnya seperti cangkang telur, sisa sayuran, kulit buah hingga daun kering. Setelah dicampur lalu taburkan ke tanaman hias. Ini berfungsi memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman sehingga dapat tumbuh sehat. 

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Cocok Untuk Meja Kerja

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Tanaman Hias Cocok Untuk di Ruang Tamu

2. Mencerahkan Bunga

Ampas kopi dapat mencerahkan warna bunga dan membuat tanaman hias terlihat semakin cantik karena kandungan kafein yang terkandung di dalamnya. Selain itu juga cocok untuk tanaman dengan kadar asam yang tinggi seperti anggrek, salah satu tanaman hias yang digemari orang. 

Juga tanaman hias lain, seperti bunga bakung dan azalea yang memiliki kadar asam netral dapat menggunakan ampas kopi untuk memberi tambahan nutrisi pada tanaman agar tumbuh subur dan sehat.

BACA JUGA:Tips Merawat Tanaman Hias Aglonema Agar Subur

BACA JUGA:Percantik Rumah Dengan Tanaman Hias Philodendron

3. Menyehatkan Daun

Penggunaan ampas kopi ini sering disebut sebagai pupuk daun yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan khusus pada daun dan batang tanaman. Ampas kopi sangat baik untuk menyehatkan dedaunan sebagai perawatan  tanaman hias sehingga tumbuh lebih sehat dan warna hijaunya terlihat lebih cantik.

4. Penambah Sumber Nitrogen Organik

Nitrogen berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Mulai dari akar, batang hingga daun. Adanya nitrogen, tanaman akan lebih mudah tumbuh dan cepat berbunga. Ampas kopi pada tanaman hias  sebagai penambah sumber nitrogen organik pada tanah.

Itulah 4 manfaat ampas kopi yang jarang diketahui orang. Yuk, manfaatkan ampas kopi untuk tanaman hias supaya lebih sehat dan tumbuh cantik sehingga indah untuk dipandang.

 

Sumber: