Ketahui Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Bunga telang, mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. foto:ist--

OKINEWS.CO - Bunga telang atau kembang telang (Clitoria ternatea) merupakan tanaman yang banyak berada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bunga dengan warna ungu, ada juga yang putih mempunyai bentuk seperti corong termasuk jenis tanaman merambat dari keluarga polong-polongan.

Bunga telang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga berwarna biru keunguan ini banyak dimanfaatkan untuk campuran kosmetik, pewarna makanan, sampai dijadikan minuman untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Minim Air Selain Kaktus

BACA JUGA:Simak Trik Merawat Tanaman Anthurium Rimbun dan Lebat

Manfaat bunga telang untuk kesehatan sangatlah beragam karena dipengaruhi oleh sifat yang dimilikinya. Mulai dari antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikroorganisme, dan masih banyak lagi. Dari sifat inilah manfaat bunga telang untuk kesehatan patut diandalkan.

Karena kandungannya itulah bunga telang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah :

1. Mengontrol Gula Darah

Bunga telang cukup efektif mengurangi risiko dari penyakit berbahaya seperti diabetes hingga kardiovaskular. Rutin mengonsumsi teh bunga telang dapat bermanfaat meningkatkan kadar antioksidan serta mengurangi kadar gula darah dan insulin.

BACA JUGA:Manfaat Menanam Kaktus Dalam Rumah

BACA JUGA:Tips Merawat Tanaman Hias Monstera

Sifat antioksidan pada bunga telang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan komplikasi yang berhubungan dengan penyakit diabetes. 

Dengan mengonsumsi teh bunga telang secara rutin, maka keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh pun akan terjaga, terutama pada penderita penyakit diabetes.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Menjaga kesehatan sistem pencernaan juga menjadi salah satu manfaat bunga telang untuk kesehatan. Manfaat ini diperoleh dari senyawa antioksidan di dalamnya yang mampu membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu, bunga telang juga mengandung zat antiradang dan antibakteri sehingga dapat membantu meredakan gejala diare.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bunga telang tidak hanya menakjubkan dalam penampilan fisiknya, tetapi juga memiliki kandungan fitokimia seperti flavonoid dan saponin yang berperan sebagai agen penguat sistem kekebalan tubuh. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kombinasi sifat anti-inflamasi dan antioksidan dalam bunga ini mampu melawan infeksi dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Dengan menambahkan bunga telang dalam pola makan sehari-hari, Anda bisa memberikan dukungan ekstra untuk sistem kekebalan tubuh.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Senyawa flavonoid pada bunga telang bersifat antioksidan, antiradang, dan antikanker. Kandungan tersebut diketahui bisa menangkal efek radikal bebas di dalam tubuh, sekaligus mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. 

Untuk mendapatkan berbagai manfaat bunga telang yang telah disebut di atas, Anda bisa mengonsumsi produk bunga telang sebagai teh herbal dengan menyeduhnya menggunakan air hangat.

5. Meredakan Gejala Alergi

Manfaat bunga telang untuk kesehatan berikutnya adalah meredakan gejala alergi. Jika gejala alergi sedang kambuh, salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi teh bunga telang. 

Bunga telang diketahui dapat mengurangi produksi histamin atau zat yang dihasilkan oleh sel darah putih di dalam tubuh ketika sedang mengalami reaksi alergi atau infeksi.

Sumber: