Manfaat Menanam Kaktus Dalam Rumah

Manfaat Menanam Kaktus Dalam Rumah

Kaktus bermanfaat juga bagi kesehatan, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Kaktus menjadi salahsatu tanaman yang banyak diincar karena keindahan bentuknya. Meski berduri, kaktus dapat menjadi dekorasi ruangan, baik di rumah maupun di kantor. Selain itu perawatannya yang mudah karena tak perlu disiram setiap hari juga menjadi kelebihan kaktus. 

Manfaat tanaman kaktus di dalam ruangan tentunya dapat mempercantik ruangan dengan bentuknya yang unik dan indah. Tidak jarang sekarang ini cukup banyak yang memelihara kaktus di rumah. Namun, tidak hanya berfungsi untuk memperindah ruangan, kaktus ternyata juga baik untuk kesehatan.

Namun rupanya, masih banyak manfaat tanaman kaktus untuk rumah. Mulai dari manfaat tanaman kaktus di dalam ruangan sampai manfaat kaktus untuk lingkungan.

Berikut manfaat bagi kesehatan  menanam kaktus yang ditanam dalam rumah :

1. Membersihkan Udara

Manfaat tanaman kaktus di dalam ruangan adalah membersihkan udara. Kaktus berfungsi sangat baik untuk membersihkan udara dan membuang racun. Hal ini tentunya membuat ruangan semakin nyaman untuk ditempati. 

Saat kita bernapas, oksigen diubah menjadi karbon dioksida. Kaktus, dengan kemampuannya menyerap karbon dioksida dan mengubahnya kembali menjadi oksigen segar, bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Hal ini tentu akan membuat udara menjadi lebih segar untuk bernapas.

2. Mengurangi Radiasi

Manfaat tanaman kaktus untuk rumah selanjutnya adalah mengurangi paparan radiasi dari gelombang elektromagnetik. Kaktus dapat menyerap radiasi EMF yang berasal dari gadget, seperti layar komputer dan laptop, handphone (Hp), hingga televisi.

Saat radiasi berkurang, maka kesehatan manusia di dalam ruangan tersebut jadi lebih baik. Misalnya, mengurangi risiko sakit kepala, mata lelah, insomnia, hingga kelelahan ekstrem.

3. Mencegah Penyakit

Manfaat tanaman kaktus untuk rumah adalah mencegah penyakit yang menular melalui udara, seperti virus flu. Sebab, kaktus punya fungsi sebagai pembersih udara, termasuk dari virus-virus penyakit.

Kaktus juga dikenal sebagai tanaman yang bisa menangkap polutan dan bakteri, sehingga turut mencegah penyakit. Namun jika sudah telanjur sakit, kehadiran kaktus bisa memulihkan Anda lebih cepat.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Sumber: