Memilih 5 Palem Hias Yang Cocok Ditempatkan Dalam Ruangan

Memilih 5 Palem Hias Yang Cocok Ditempatkan Dalam Ruangan

Palem Kuning, tanaman hias untuk menghias ruangan, Foto: ist--

OKINEWS.CO - Palem merupakan tanaman tropis yang terkenal. Selain mudah dalam perawatan, tanaman hias palem juga sangat cocok ditempatkan dalam ruangan. Hal ini bisa membawa suasana adem karena palem menjaga kelembaban sekitar.

Tanaman palem yang berjenis keluarga Arecaceae dapat hidup di iklim tropis maupun sub tropis. Oleh karena itu apabila ditempatkan dalam ruangan, tanaman palem cocok dengan suhu sedang dan cahaya matahari yang minim. Daunnya yang berwarna hijau dapat membuat ruangan lebih estetik dan indah. Sehingga palem merupakan salahsatu tanaman hias yang dapat meningkatkan perasaan damai dan rileks di sekitarnya.

Namun jangan salah memilih. Ada tanaman palem hias yang cocok ditempatkan dalam ruangan, ada juga yang tidak. Karena pertumbuhan pohon palem sangat bervariasi dimana ada yang menjulang tinggi, adapula yang pendek. Tanaman hias palem yang pendek cocok ditempatkan dalam pot sehingga bisa menghias ruangan. Sedangkan yang menjulang tinggi bisa ditanam di halaman rumah agar terlihat lebih asri dan teduh.

Berikut simak 5 jenis palem hias yang cocok ditempatkan dalam ruangan dirangkum  dari berbagai sumber :

BACA JUGA:Ketahui 4 Jenis Tanaman Hias Cantik Sulit Perawatan

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Hias Pelengkap Halaman Rumah Yang Mudah Dirawat

1. Palem Majesty

Palem majesty mempunyai ciri khas daun yang melengkung ke atas, berbulu, dan pangkal batang yang sedikit membesar. Palem majesty yang mempunyai nama latin Ravenea rivularis ini dapat tumbuh cepat dengan ketinggian hingga 4,5 meter.

Palem majesty menyukai pencahayaan yang tidak langsung. Dengan kelembaban tanah yang sedang namun tidak tergenang air, tanaman ini dapat tumbuh subur.

2. Palem Kuning

Palem kuning ini cocok ditempatkan dalam pot besar karena ketinggiannya dapat mencapai hingga 1,5 meter. Mempunyai nama ilmiah Dypsis lutescens, palem kuning bisa menjadi perhatian karena keindahan daunnya.

Palem kuning menyukai tanah yang kering. Untuk itulah sebaiknya jangan terlalu sering menyiram tanaman palem kuning agar kondisi tanah tidak lembab.

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

BACA JUGA:Yuk Kenali Tanaman Hias Yang Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah

3. Palem Sagu

Palem sagu yang mempunyai nama latin Cycas revolute berasal dari Jepang Selatan.

Pertumbuhan tanaman ini lambat dan bisa mencapai ketinggian 0,9 meter. Dengan kelembaban yang tetap dan teratur, palem sagu dapat tumbuh subur di bawah pencahayaan yang tidak langsung.

Ciri khas dari tanaman palem yakni ini mempunyai pelepah kaku yang tumbuh dari batang tegak.

4. Palem kentia

Tanaman berikutnya yakni palem kentia yang mempunyai nama latin Howea forsteriana.

Tanaman ini cocok ditempatkan dalam ruangan karena mudah dalam perawatan, tahan akan hawa dingin dan simple karena tidak memerlukan banyak ruang.

Untuk menambah ruangan bergaya lebih tropical, sebaiknya meletakkan palem kentia 2 atu 3 pot agar suasana lebih asri.

5. Palem Botol

Tanaman palem berikut yakni palem botol. Tanaman ini berasal dari Round Island, Kepulauan Mauritius. Selain sebagai penambah keindahan, palem botol juga dikenal untuk menggambarkan status social dan kemapanan,

Disebut palem botol karena mempunyai bentuk yang menggelembung di bagian bawah batang namun mengecil di bagian atasnya. Daun palem botol berwarna hijau dengan arah menjuntai ke bawah.

Palem botol memerlukan cahaya matahari penuh. Dengan menempatkannya dalam pot, palem botol dapat dipindahkan sewaktu-waktu agar tepenuhi akan kebutuhan cahayanya (*)

Sumber: