Moms Kenali 5 Jenis Tanaman Hias Penghasil Oksigen di Rumah

Moms Kenali 5 Jenis Tanaman Hias Penghasil Oksigen di Rumah

Tanaman Lili Paris penghasil oksigen, Foto:ist--

OKINEWS.CO - Tanaman hias memang dikenal memiliki fungsi untuk mempercantik taman atau suatu ruangan agar terkesan asri. Tak hanya mempercantik ruangan, deretan Tanaman hias di dalam atau sekitar rumah, juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebagian orang beranggapan jika Tanaman hias tidak boleh ditaruh di dalam rumah, apalagi di dalam kamar tidur. Alasannya bisa menyebabkan penyebaran mikroorganisme yang mempengaruhi kesehatan hingga berebut oksigen di malam hari.

Alasan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, sebab di malam hari tanaman akan melepaskan karbondioksida dan menyerap oksigen.

Tapi ternyata, ada juga jenis Tanaman hias yang menghasilkan banyak oksigen dan tentunya bermanfaat untuk membersihkan kotoran di udara. Selain itu tanaman dalam pot dapat mengurangi kelelahan, stres, sakit kepala, dan kulit kering bagi kalangan pekerja.

Ruangan yang sehat dan nyaman tentu dambaan setiap orang. Karena dengan ruangan yang sehat akan membuat pikiran kita juga lebih nyaman dan tenang. Tanaman dalam ruangan bisa jadi alternatif agar ruangan terasa lebih cerah, indah dan menenangkan.

Tanaman dalam ruangan tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi, tetapi juga berfungsi sebagai pembersih udara di dalam rumah. Berbagai ragam tanaman bisa dirawat dan diletakan di sudut-sudut ruangan, karena pasalnya tanaman dalam ruangan mampu menghasilkan oksigen yang baik untuk tubuh. Tanaman dalam ruangan bisa membersihkan udara dan menghilangkan racun dari bahan-bahan di rumah.

Tanaman hias penghasil oksigen seperti lili paris, sirih gading hingga lidah mertua dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan seperti membersihkan udara dari racun penyebab risiko stroke, kanker dan penyakit jantung, hingga gangguan pernapasan. Tanaman penghasil oksigen ini selain “membersihkan udara”, tentu saja bisa menjadi pemanis di rumah, apartemen, bahkan tempat kos sekalipun. Lalu apa saja tanaman yang bisa dipilih?

Berikut ini adalah Tanaman hias dengan kemampuan menghasilkan oksigen, yang telah dirangkum  dari berbagai sumber:

1. Lili Paris

Tanaman hias penghasil oksigen yang pertama yaitu lili Paris (Chlorophytum comosum) atau yang dikenal pula sebagai tanaman laba-laba (spider plant). Tanaman hias asal Afrika Selatan ini dikenal dengan daun hijaunya yang berbentuk ramping serupa pedang. Daunnya yang cantik, melengkung dengan anggun berhiaskan warna putih di tepinya.

 Tak sulit untuk merawat lili paris. Tanaman hias yang dapat diletakkan di segala sudut ruangan ini hanya perlu disiram 2 kali dalam seminggu.

Selain itu, tanaman yang dikenal dengan spider plant ini juga dapat menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding furniture.

2. Sirih Gading

Tanaman hias merambat sirih gading atau Epipremnum aureum termasuk sebagai tanaman indoor terbaik untuk menghasilkan oksigen secara cepat serta meningkatkan kadar oksigen.

Sirih gading menjadi Tanaman hias yang mudah ditanam lantaran bisa hidup di tanah maupun air. Tanaman penghasil oksigen ini dapat mempercantik setiap sudut ruangan dengan rumbai daun hijau kekuningannya yang khas. Khasiat sirih gading untuk membersihkan udara bermanfaat untuk menghilangkan racun seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan karbon monoksida.

     3.  Lidah Mertua

Tanaman hias penghasil oksigen berikutnya yaitu lidah mertua (Sansevieria). oksigen yang dihasilkan lidah mertua dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Tanaman ini juga berfungsi menetralisir udara dan menyaring racun seperti benzena, xylene, trichlorethylene dan formaldehyde.

Lidah mertua memang sudah populer sebagai jenis tanaman penghasil oksigen yang baik. Banyak orang yang percaya jika, tanaman ini bisa menghasilkan oksigen sepanjang hari, termasuk membersihkan berbagai polutan berbahaya.

4. Aglonema

Aglonema (Sri Rejeki) atau populer pula dikenal sebagai Cemara Cina merupakan tanaman his penghasil oksigen yang dapat difungsikan pula untuk mempercantik ruangan. Tanaman yang banyak ditemukan di kawasan tropis Asia ini sanggup menetralisir udara dan menghilangnya zat beracun seperti benzena, karbon monoksida, formaldehida, dan trichloroethylene.

Pada malam hari, tanaman rumah ini menyerap CO2 dan memproduksi oksigen yang baik bagi kesehatan kamu. Udara yang baik dapat membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan produktivitas pun akan meningkat.

5. Palem Bambu

Palem bambu atau Chamaedorea Seifrizii merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai Tanaman hias indoor. Tanaman rumah ini mempunyai sifat bertumbuh yang toleran terhadap cahaya matahari dengan intensitas rendah dan sedikit air.

Palem bambu menjadi tanaman rumah penghasil oksigen yang banyak diminati, karena kegunaannya yang dapat menghilangkan zat kimia dan polutan berbahaya seperti formaldehida, pada udara di rumah. 

Selain itu untuk kamu yang mengalami gangguan pernapasan, tanaman rumah ini mempunyai manfaat yang baik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Palem bambu juga dapat meningkatkan kelembapan udara di sekitar rumah. Kelembapan udara yang terjaga dengan baik dapat memberikan manfaat untuk mencegah sakit tenggorokan, pilek, batuk kering hingga membantu kamu mengurangi kulit kering.

Dari deretan manfaat Tanaman hias penghasil oksigen di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Tanaman hias tersebut dapat membersihkan udara dari racun dan polusi yang dapat meningkatkan risiko stroke, kanker dan jantung (*)

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: