Cara Urus SIM Hilang Melalui HP, Dijamin Cepat dan Praktis, Begini Caranya!

Cara Urus SIM Hilang Melalui HP, Dijamin Cepat dan Praktis, Begini Caranya!

Jika dulu cara mengurus SIM hilang cukup merepotkan dan memakan banyak waktu, sekarang urus SIM hilang bisa dilakukan secara rebahan dari rumah. --

Segala informasi mengenai kepengurusan SIM hilang bisa didapatkan melalui situs resmi, jadi para pemohon tidak perlu antre di lokasi Satpas terdekat atau kantor kepolisian.

Cukup lakukan registrasi melalui laman Korlantas, pembuatan SIM baru, perpanjangan SIM, pengalihan golongan, perubahan data, dan penggantian SIM yang rusak atau hilang bisa dilakukan semua melalui online. 

2. Isi Data 

Proses pendaftaran dan pengisian data untuk mengurus SIM hilang selanjutnya pemohon akan diminta untuk melampirkan surat kehilangan.

Untuk memastikan kelancaran proses, disarankan untuk tetap menyimpan bukti kehilangan atau kerusakan SIM agar dapat mempercepat proses penggantian tanpa perlu bolak-balik. 

Jangan lupa isi semua data yang diminta dengan benar untuk mempercepat proses pembuatan SIM yang baru. 

3. Lakukan Pembayaran 

Setelah mengisi semua data dengan benar, Langkah selanjutnya melakukan pembayaran melalui ATM BRI terdekat.

4. Pilih Jadwal Ambil SIM 

Untuk jadwal pengambilan SIM bisa dipilih sesuai dengan keinginan, jadi urus kehilangan SIM jadi lebih mudah dan praktis hanya dengan menggunakan hp. 

5. Datang ke Lokasi 

Walaupun online, untuk tahap pengambilan SIM fisik tetap dilakukan secara offline dengan cara mendatangi langsung Lokasi pengambilan di Satpas atau Sim Keliling. 

Biaya Urus SIM Hilang 

Biaya untuk mengurus surat kehilangan SIM di Indonesia adalah sebesar Rp 80.000, berlaku untuk semua kategori SIM, baik itu SIM A, B1, maupun B2. 

Dan jangan lupa untuk pastikan membawa berkas yang diperlukan ke kantor polisi untuk proses lebih lanjut.

Sumber: