Persiapkan Diri dengan Baik! Ini Daftar Dokumen Penting yang Harus Disiapkan untuk Lolos KIP Kuliah 2024

Minggu 21-01-2024,08:03 WIB
Reporter : Fitri Handayani
Editor : Fitri Handayani

Sesuai dengan peraturan Kemendikbudristek tahun 2023, KIP Kuliah  merdeka dikelompokkan dan dibagi menjadi skema 1 dan skema 2.

BACA JUGA:Mahasiswa yang Sedang Kuliah Tetap Berpeluang Dapatkan Beasiswa LPDP 2024, Simak Syaratnya!

Dengan kriteria penerima  KIP Kuliah skema 1 merupakan pendaftar yang terpilih menerima bantuan biaya pendidikan dan biaya kebutuhan selama menempuh kuliah sesuai dengan jangka waktu pemberian KIP Kuliah.

Sedangkan KIP Kuliah merdeka skema 2 adalah penerima yang hanya menerima bantuan biaya pendidikan saja, sesuai dengan jangka waktu yang telah di tentukan.

Pada bantuan KIP Kuliah skema satu penerima memdapatkan biaya pendidikan yang sesui dengan usulan dari PTN  terhadap mahasiswa.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan! Telkom University Buka Beasiswa 2024, Ini Cara Daftar dan Tips Lolos Kuliah 100 Persen Gratis

Yang berdasarkan dengan rata-rata jumlah biaya yang telah ditentukan dengan jaminan mendapatkan fasilitas non KIP Kuliah yang sesuai dengan aturan yang ada.

Penerima KIP Kuliah skema 1 berbeda satu dngan yang lain, sesuai dengan berdasarkan akreditasi perguruan tinggi atau universitas masing-masing.

Selain itu manfaat KIP Kuliah skema 1 juga memberi jaminan biaya pendidikan yang dibayar langsung terhadap PTN berdasarkan dan akreditasi prodi tersebut.

Dan mendapatkan dana tambahan tau dana bantuan biaya hidup selama menjalankan program bantuan KIP Kuliah.

BACA JUGA:Terbongkar! Ini Nilai TOEFL dan IELTS yang Harus Kamu Raih untuk Lolos Beasiswa LPDP 2024

Penerima KIP Kuliah skema satu juga didasarkan kepada klaster penenpatan penerima sesuai dengan penempatan pendidikan berlangsung.

Sedangkan dengan skema KIP Kuliah ke 2 ialah bantuan biaya pendidikan yang merupakan at cost karna sifat dari skema ini ialah bantuan pendukung yang didapatkan berdasarkan hanya biaya bantuan biaya pendidikan.

Dengam hanya memiliki jumlah penerimaan dana maksimal sebesar 2 juta 4 ratus ribu rupiah, berbeda dengan skema satu jumlah biaya setiap penerima berbeda sesuai dengan tempat masing-masing.

KIP kuliah bagi mahasiswa baru semester satu yang memenuhi  persyarata yang hanya bisa mendapatkan  program sekema 1.

BACA JUGA:Bisnis Online Lebih Menguntungkan Daripada Offline? Simak 10 Kelebihannya di Sini!

Kategori :