Bingung Menghadapi Tes Masuk Sekolah Kedinasan 2024, Ini Kunci Persiapan yang Wajib Dipahami

Jumat 22-12-2023,18:27 WIB
Reporter : Fitri Handayani
Editor : Fitri Handayani

2. Tes Psikologi

Tes psikologi assesmen psikologi atau pisiko tes merupakan tes yang akan menilai kondisi psikologi, integritas dan juga kejujuran calon mahasiswa atau taruna

Tes psikotes sendiri terdiri dari memiliki ragam seperti,  tes psikotes logika dan aritmatika tes psikotes kemampuan verbal, tes psikotes spasial. 

Tes ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan, kecermatan, dan kepribadian calon taruna dan dapat digunakan sebagai alat prediksi, bantuan diagnosis, alat pemantau, dan sebagai instrumen evaluasi.

Tes ini umunya dilakukan di lembaga pemerintahan yang telah ditentukan sebelumnya  seperti di biro SDM polda atau secara daring.

BACA JUGA:Buruan Cek Kuotanya ! Sekolah Kedinasan Dibuka Mulai 1 April

3. Tes Kesehatan 

Dalam seleksi sekolah kedinasan umumnya tes kesehatan sendiri terdiri atas dua tahap yakni di awal dan di akhir tes.

kesehatan atau dikenal dengan  medical check up merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap calon mahasiswa. 

Tes kesehatan ini dilakukan untuk memastikan kesehatan calon calon mahasiswa 

Pada tahap tes kesehtan ini akan dilakukan beberapa tes seperti, pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, suhu tubuh, dan banyak lagi  untuk mengetahui kondisi fisik secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Harus Tau! Calon Pendaftar KIP Kuliah Merdeka 2024, Apa Beda antara Skema 1 dan 2

Hal ini penting agar lembaga dapat menentukan apakah calon peserta memiliki kondisi fisik yang memadai untuk menjalani pendidikan di Sekolah Kedinasan

Pelaksanaan tes kesehatan ini sendiri dilakukan pada Rumah Sakit Bhayangkara/Biddokkes Polda 

4. Tes Kopetensi Bidang

Adalah seleksi komperensi bidang terkait dengan bidang ilmu di perguruan tinggi kedinasan dan merupakan tes yang bersifat teknis dan dapat menggunakan soal.

Kategori :