Harus Tau! Calon Pendaftar KIP Kuliah Merdeka 2024, Apa Beda antara Skema 1 dan 2

Senin 18-12-2023,14:43 WIB
Reporter : Fitri Handayani
Editor : Fitri Handayani

OKINEWS. CO – KIP Kuliah Merdeka adalah program pendanaan biaya pendidikan dari pemerintah untuk calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik   yang terhalang ekonomi.

Pada tahun 2023 Kemdikbudristek membagi KIP Kuliah merdeka menjadi 2 skema, dengan tujuan lebih dapat mengoptimalkan   penjangkau   program bantuan ini bagi siswa yang kurang mampu.

Dua jenis skema KIP Kuliah antara skema 1 dan 2, memiliki perbedaan yang siknifikan pada besaran kuota penerima bantun.

Calon Pendaftar KIP Kuliah Merdeka 2024, penting untuk mengetahui apa perbedaan   antara Skema 1 dan 2.

BACA JUGA:Penting untuk Tahu! 4 Kesalahan ini Bisa Merugikan Peluang Kamu sebagai Calon Penerima KIP Kuliah 2024

Berikut ini adalah perbedaan KIP Kuliah skema 1 dan skema 2:

KIP Kuliah skema 1   adalah program yang telah ditentukan atau telah terdaftar sebagai penerima seleh melakukan   tahapan –tahapan yang ditentukan.

KIP Kuliah skema 2 adalah   bantuan biaya pendidikan, dimana   skema 2 merupakan penerimaan KIP Kuliah merdeka dalam biaya pendidikan yang diberikan dalam waktu tertentu.

Gimanna gays udah jelas belum nih? Atau aku jelasin lebih rinci lagi kali ya, yuk simak penjelasannya di artikel ini sampai selesai supaya kamu lebih tau apa perbedaan antara keduannya.

BACA JUGA:KIP SMA dan KIP Kuliah Ternyata Berbeda! Simak Penjelasannya Disini, Faktanya Mengejutkan

Telak kami rangkum dari berbagai sumber mengenai program KIP Kuliah atau bantuan dana pendidikan dan perbedaan antara KIP Kuliah skema 1 dan skema 2.

.Pada tahun 2023 program KIP Kuliah dibedakan menjadi dua jenis atau dua skema, dengan tujuan bisa lebih menjangkau banyak calon mahasiswa yang membutuhkan.

Sesuai dengan peraturan Kemendikbudristek tahun 2023, KIP Kuliah   merdeka dikelompokkan dan dibagi menjadi skema 1 dan skema 2.

Dengan kriteria penerima   KIP Kuliah skema 1 merupakan pendaftar yang terpilih menerima bantuan biaya pendidikan dan biaya kebutuhan selama menempuh kuliah sesuai dengan jangka waktu pemberian KIP Kuliah .

BACA JUGA:Penting untuk Tahu! 4 Kesalahan ini Bisa Merugikan Peluang Kamu sebagai Calon Penerima KIP Kuliah 2024

Sedangkan KIP Kuliah merdeka skema 2 adalah penerima yang hanya menerima bantuan biaya pendidikan saja, sesuai dengan jangka waktu yang telah di tentukan.

Pada bantuan KIP Kuliah skema satu penerima memdapatkan biaya pendidikan yang sesui dengan usulan dari PTN   terhadap mahasiswa.

Yang berdasarkan dengan rata-rata jumlah biaya yang telah ditentukan dengan jaminan mendapatkan fasilitas non KIP Kuliah yang sesuai dengan aturan yang ada.

Penerima KIP Kuliah skema 1 berbeda satu dngan yang lain, sesuai dengan berdasarkan akreditasi perguruan tinggi atau universitas masing-masing.

BACA JUGA:Mengungkap Fakta dan Mitos Seputar SNBP 2024, Simak Penjelasan Menariknya Disini

Selain itu manfaat KIP Kuliah skema 1 juga memberi jaminan biaya pendidikan yang dibayar langsung terhadap PTN berdasarkan dan akreditasi prodi tersebut.

Dan mendapatkan dana tambahan tau dana bantuan biaya hidup selama menjalankan program bantuan KIP Kuliah.

Penerima KIP Kuliah skema satu juga didasarkan kepada klaster penenpatan penerima sesuai dengan penempatan pendidikan berlangsung.

Sedangkan dengan skema KIP Kuliah ke 2 ialah bantuan biaya pendidikan yang merupakan at cost karna sifat dari skema ini ialah bantuan pendukung yang didapatkan berdasarkan hanya biaya bantuan biaya pendidikan.

BACA JUGA:Masih Binggung Perbedaan SNBP dan SNBT, Simak Penjelasanya Disini

Dengam hanya memiliki jumlah penerimaan dana maksimal sebesar 2 juta 4 ratus ribu rupiah, berbeda dengan skema satu jumlah biaya setiap penerima berbeda sesuai dengan tempat masing-masing.

KIP kuliah bagi mahasiswa baru semester satu yang memenuhi   persyarata yang hanya bisa mendapatkan   program sekema 1.

Sedangkan KIP Kuliah skema 2 meruakan mahasiswa semester satu yang tidak mendapatkan KIP Kuliah karna kendala kuota dan bisa untuk mahasiswa semester 3 dan 5 yang memenuhi kreteria penerima.

Jadi KIP Kuliah skema 2 tidak hanya terbuka untuk mahasiswa baru saja, skema 2 bisa didapatkan oleh mahasiswa semester 3 dan 5, dengan jumlah yang berbeda dengan penerima KIP skema 1.

BACA JUGA:List Prodi Favorit dan Daya Tampung UNSRI Jalur SNBP 2024, Cek Disini Apakah ada Jurusan Incaran Kamu

Untuk KIP Kuliah skema 1 kurang lebih ada sekitar 115 ribu peserta penerima dan skema ke 2 hanya sekitar 85 ribu peserta yang dapat menerima.

Pembagian KIP Kuliah Merdeka 2024 oleh Kemendikbudristek merupakan langkah yang bertujuan untuk lebih bisa menjangkau luas penerima bantuan ini.

Dengan mengoptimalkan secara siknifikan diharapkan penjangkauan KIP Kuliah khus bagi calon mahasiswa yang kurang mampu dapat lebih mudah dijangkau.

Gimana nih pejuan penerima KIP, udah siap untuk mendaptar program KIP Kuliah merdeka. Semoga bermanfaat dan harus tetap semangat.*

Kategori :